EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Formulasi Aktivitas Bermain Anak di TK yang Terakreditasi A, B, dan C

Muthaharah, Nur (2023) Formulasi Aktivitas Bermain Anak di TK yang Terakreditasi A, B, dan C. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1 pernyataan.pdf

Download (349kB)
[img] Text
2.Awal Nur Muthaharah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. ABSTRAK NUR MUTHAHARAH.pdf

Download (831kB)
[img] Text
4. BAB I NUR MUTHAHARAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II NUR MUTHAHARAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III NUR MUTHAHARAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV NUR MUTHAHARAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V NUR MUTHAHARAH.pdf

Download (849kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA NUR MUTHAHARAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. LAMPIRAN NUR MUTHAHARAH.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi aktivitas bermain anak di TK yang terakreditasi A, B dan C. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ialah dua orang pendidik dan kepala sekolah. Objek pada penelitian ialah bagaimana formulasi aktivitas bermain anak di TK yang terakreditasi A, B, dan C. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam formulasi aktivitas bermain anak di TK yang terakreditasi A, B dan C terdapat perbedaan juga persamaan baik dari segi perencanaan, peran, ataupun faktor pendukung dan penghambatnya. Dari segi perencanaan para pendidik dan kepala sekolah sama-sama membuat perencanaan sebelum tahun ajaran baru. Termasuk didalamnya perencanaan program tahunan, program semester, rencana program pembelajaran mingguan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian atau lesson plan. Perbedaan dalam perencanaan ini ialah pada TK yang terakreditasi A disampaikan dengan baik, runtut, dan jelas. Adapun TK yang terakreditasi B dan C terdapat beberapa komponen yang tidak disebutkan salah satunya seperti rangkaian penilaian dan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan aktivitas bermain di TK tiga lembaga sama-sama menggunakan model kelompok dan pengaman. Lalu TK yang terakreditasi A menggunakan model pembelajaran sentra. Adapun metode yang digunakan ialah metode tanya jawab, bercerita, eksperimen, pemberian tugas, demonstrasi, karya wisata, sosio drama, menyanyi, dan proyek. Bentuk alat penilaian yang digunakan pada TK yang terakreditasi A yaitu portofolio dan hasil karya. TK yang terakreditasi B yaitu ceklis, dan hasil karya. TK yang terakreditasi C yaitu anekdot, ceklis, dan hasil karya. Dari segi peran, para pendidik di TK yang terakreditasi A, B dan C sama-sama sebagai perencana, model, evaluator, pengamat, pemberi pijakan, memotivasi, dan mengawasi. Sedangkan sebagian besar faktor pendukung dalam aktivitas bermain anak di TK yang terakreditasi A, B dan C adalah media. Adapun sebagian besar faktor penghambatnya ialah waktu yang terbatas dan media yang sudah rusak atau hilang.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:12
Last Modified: 24 Jul 2023 04:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24083

Actions (login required)

View Item View Item