EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Akhlak Anak dalam Kandungan di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin

Najib, Akhmad Noval (2023) Pendidikan Akhlak Anak dalam Kandungan di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan akhlak yang islami sangat diperlukan di zaman sekarang ini. Karena kebudayaan yang baik dari suatu bangsa tidak menjamin memiliki akhlak dan perilaku yang baik bagi bangsa tersebut. Dengan pendidikan akhlak ini diharapkan dapat membantu dan membentuk akhlak bangsa terutama bagi generasi penerus. Banyak sekali polemik yang terjadi di lingkungan masyarakat Kelurahan Kuin Utara mengenai mendidik anak, salah satunya banyak orang tua yang menyalahkan anaknya karena anaknya nakal, susah diatur, dan perbuatan buruk lainnya, maka jika ini dibiarkan akan mengakibatkan suatu kebudayaan yang terus menerus mengalir di kehidupan masyarakat tanpa adanya landasan pendidikan islam yang mendasari. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang tujuannya untuk mendeskripsikan metode apa saja yang telah dilakukan orang tuanya dalam mendidik akhlak anak dalam kandungan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan akhlak anak dalam kandungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendeketan kualitatif yang tergolong dalam penelitian deskriptif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini ialah 5 orang tua yang masih memiliki anak dalam kandungan. Adapun objek penelitiannya yaitu pendidikan akhlak yang diterapkan oleh orang tuanya terhadap anak dalam kandungan di Kelurahan Kuin Utara khususnya di RT 9 Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian diproses dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kelurahan Kuin Utara khususnya RT 9 Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, orang tua sudah memberikan pendidikan akhlak kepada anaknya dengan cara yang berbedabeda, ada yang menggunakan metode membaca, dzikir, ibadah, berdo`a, dan dialog. Dari hasil tersebut, hanya satu metode yang mudah dan menjadi metode unggulan untuk orang tua mendidik akhlak anak ketika masih di dalam kandungan yaitu metode dialog. Selain itu, faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi pendidikan akhlak anak dalam kandungan ialah faktor genetik, dan faktor makanan dan faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap pendidikan akhlak anak, tetapi ini hanya sebagai penunjang dan pendukung dari faktor keturunan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jul 2023 09:47
Last Modified: 23 Jul 2023 09:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24116

Actions (login required)

View Item View Item