EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam Menangani Take Over Mobil Secara Angsuran (Analisa Putusan Nomor 06/PT/BPSK.BJM/IV/2022)

Febrianti, Resha (2023) Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam Menangani Take Over Mobil Secara Angsuran (Analisa Putusan Nomor 06/PT/BPSK.BJM/IV/2022). Skripsi, Syariah.

[img] Text
pernyatan keaslian tulisan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
awal (judul-daftar isi).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Permasalahan menarik dalam penelitian ini membahas upaya penyelesaian wanprestasi apabila objek jaminan sudah berpindah ke pihak ketiga. Berkaitan dengan cara penjaminan dalam perjanjian pembiayaan kendaraan bermotor, tidak terlepas dari kemungkinan risiko yang terjadi, seperti take over kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan kreditur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian kasus (case study). Objek penelitian ini adalah pegawai kantor Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Banjarmasin. Adapun sumber data yang digunakan adalah hasil wawancara dan data sekunder. Kemudian dilakukan analisis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan tugas dan wewenangnya peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) terhadap upaya perlindungan hukum mengenai take over mobil pada putusan Putusan Nomor 6/PN-BPSK.BJM/III/2022 adalah bertindak sebagai majelis yang memutuskan sengketa, para pihak menyerahkan penyelesaiannya kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) karena para pihak dalam penyelesaian sengketa memilih menggunakan metode arbitrase. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) terkendala membantu menyelesaikan perkara tersebut dalam hal BPKB tidak bisa diambil disebabkan debitur tidak dapat menunjukkan identitas asli pemberi kuasa untuk pengambilan BPKB, sehingga wajar kreditur belum menyerahkannya. Berdasarkan hal tersebut peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sudah bertindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan menjadi penengah yang adil serta objektif dalam melindungi hak-hak konsumen. Kehadiran Badan Penyelesaian Sengekta Konsumen (BPSK) memberikan perlindungan dan jaminan bagi konsumen dalam melakukan transaksi pembiayaan, serta memfasilitasi penyelesaian sengketa yang efisien dan adil.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:49
Last Modified: 25 Jul 2023 06:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24238

Actions (login required)

View Item View Item