EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kualitas Bacaan Surah Al-Fatihah Para Imam Salat Tarawih di Masjid Buntok Kebupaten Barito Selatan

Saprudin, Saprudin (2023) Kualitas Bacaan Surah Al-Fatihah Para Imam Salat Tarawih di Masjid Buntok Kebupaten Barito Selatan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (saprudin).pdf

Download (398kB)
[img] Text
AWALAN (saprudin).pdf

Download (951kB)
[img] Text
ABSTRAK (saprudin) .pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I (saprudin) .pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II (saprudin).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III (saprudin).pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV (saprudin).pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V (saprudin).pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (saprudin) .pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN (saprudin).pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Seorang imam yang memimpin salat berjamaah bersama dengan makmum seharusnya sudah memahami hukum-hukum tajwid, terutama dalam Surah AlFatiḥah. Menurut saya, beberapa imam masjid kurang tepat dalam membaca Surah Al-Fatiḥah dalam salat Tarawih, dan ada kekurangan dalam kaidah-kaidah tajwid karena hanya kecepatan membaca yang diutamakan, sehingga saat ini, masjid yang memiliki imam dengan bacaan cepat menjadi tempat favorit untuk melaksanakan salat Tarawih. Setiap masjid menerapkan salat Tarawih secara berbeda, termasuk di daerah Buntok Kecamatan Dusun Selatan, di mana beberapa masjid dan mushala memiliki imam yang membaca surah Al-Fatihah sedikit cepat, tetapi beberapa imam masih belum sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid yang ada. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam masalah Kualitas Bacaan Surah AlFatiḥah Para Imam Salat Tarawih Masjid di Buntok Kecamatan Dusun Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif dan merupakan penelitian lapangan. Objek yang akan dikaji adalah bacaan AlFatihah imam Salat tarawih di masjid-masjid di Buntok kecamatan Dusun Selatan. Data diambil dari 11 orang imam di setiap masjid di Buntok dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data kemudian dianalisis dengan menggunakan teori ilmu tajwid. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap 11 orang yang menjadi sampel data, terdapat 4 orang (36%) yang termasuk dalam kategori A atau Sangat Baik, 7 orang (64%) termasuk dalam kategori B atau Baik, dan tidak ada satu pun (0%) yang termasuk dalam kategori C atau kurang Baik dan D Tidak Baik dalam membaca Al-Fatihah pada saat salat tarawih di Masjid Buntok, Kecamatan Dusun Selatan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan membaca Al-Fatihah oleh imam salat tarawih di Masjid Buntok berada pada tingkat yang baik. Temuan ini didasarkan pada beberapa faktor, seperti faktor individu dan lingkungan, serta pengetahuan para imam mengenai kaidah-kaidah ilmu tajwid.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:44
Last Modified: 26 Jul 2023 00:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item