EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Banjarmasin

Yanti, Irma (2023) Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Banjarmasin. Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (860kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (523kB)

ABSTRAK

Banyak penyebab yang menyebabkan pendidikan di Banjarmasin belum merata, di antara lain faktor minimnya sumber daya masyarakat (SDM), rendahnya kualitas guru, dan kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang untuk pendidikan. Dengan melalui APBD yang pro rakyat terutama di bidang pendidikan maka Pemerintah Kota Banjarmasin mampu mencanangkan Program Pendidikan gratis yang merupakan suatu program strategi Pemerintah Kota Banjarmasin dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah gratis berupa SPP, berbagai perlengakapan dan kebutuhan siswa untuk sekolah, berbagai sarana dan prasarana minimal berupa gedung sekolah yang layak hingga sampai pada ketersediaan berbagai fasilitas pendukung pendidikan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Banjarmasin. Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian lapangan (Flied Research), informan dalam penelitian ini 1 orang yaitu kepala Dinas Pendidikan kota Banjarmasin, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Banjarmasin sudah dijalakan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku dan ditambah dengan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 13 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di mana tidak hanya anak yang belajar yang ditingkatkan pelayanannya namun juga dari segi penyediaan tenaga pendidik profesional dan fasilitas sekolah yang mendukung dalam pendidikan, 2) Faktorfaktor yang menghambat pelaksanaan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Banjarmasin yaitu dari segi anak yang belajar yang memiliki persepsi bahwa sekolah tidak penting dan merasa tidak mampu, sedangkan pemerintah sudah menyiapkan sekolah secara gratis ditambah dana bantuan BOS, dan juga KIP.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:08
Last Modified: 27 Jul 2023 00:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item View Item