EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Filosofis Ziarah Ke Makam Guru K.H. Ahmad Zuhdiannor Bagi Peziarah Remaja Banjarmasin

Jamaludin, Jamaludin (2023) Filosofis Ziarah Ke Makam Guru K.H. Ahmad Zuhdiannor Bagi Peziarah Remaja Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
AWAL_JAMALUDIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I_ JAMALUDIN.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II_JAMALUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III_JAMALUDIN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV_JAMALUDIN.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB V_JAMALUDIN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_JAMALUDIN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN_JAMALUDIN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Ziarah kubur artinya menengok kuburan atau makam. Menurut syariat umat Islam, ziarah kubur tidak hanya sekedar berziarah tetapi bisa mengambil pelajaran dengannya, salah satunya mengingat kematian, selalu ingat bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, sehingga diharapkan yang berziarah dapat mengontrol diri. Kalimantan Selatan dikenal dengan banyaknya makam ulama atau makam tokoh-tokoh yang berpengaruh penting dalam perkembangan Islam di Kalimantan Selatan. Salah satu makam ulama yang ada di Kalimantan Selatan adalah makam Guru K.H. Ahmad Zuhdiannor seorang ulama kharismatik asal Banjarmasin beliau banyak dikagumi olah masyarakat, diantaranya para remaja. Peneliti menemukan mayoritas dari peziarah di makam Guru K.H Ahmad Zuhdiannor ini adalah para remaja. Dari mayoritas banyaknya remaja yang berziarah di makam Guru K.H Ahmad Zuhdiannor ini, maka peneliti berusaha meneliti dan menggali lebih dalam terkait filosofis ziarah bagi remaja dan apa saja implikasi yang dirasakan oleh remaja setelah berziarah di makam tersebut. Kemudian dari kedua rumusan tadi diharapakan bisa menjawab dan menjelasakan menganai makna dan dampak yang dirasakan remaja pada fenomena ziarah di makam Guru K.H. Ahmad Zuhdianoor tersebut. Untuk bisa menjawab permasalahan yang ada tadi peneliti menggunakan metode fenomenologis, metode ini dianggap bisa memaparkan pengalaman secara asli apa adanya, sehingga dari segala pengalaman yang terjadi bisa dicapai esensinya. Pendeskripsian pengalaman dari peziarah haruslah bersih dari segala asumsi dan praduga dari diri peneliti, hal ini agar pengalaman yang didapat murni tanpa dicampuri anggapan peneliti. Dari metode tadi bisa menjelasakan bahwa filosofis zaiarah bagi remaja yang berziarah di makam Guru K.H Ahmad Zuhdiannor ini di antaranya mengingat kematian, bertawassul, bertabarruk, menjalin silaturrahmi, alMahabbah, mencari ketenangan, mendoakan ahli kubur, pengobat rasa rindu.adapun dapak yang dirasakan ialah dari beberapa makna yang didapat ternyata saling berkaitan dengan dampak yang dirasakan oleh remaja ketika berziarah. Ada juga dampak yang dirasakan oleh remaja setelah melakukan ziarah benar-benar spontan apa adanya dari hasil ziarah yang dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:03
Last Modified: 27 Jul 2023 03:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24346

Actions (login required)

View Item View Item