EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Minat Baca Mahasiswa POMI UIN Antasari Banjarmasin Terhadap Karakter dan Kreativitas Mahasiswa

Hambali, M. Iqbal (2023) Analisis Minat Baca Mahasiswa POMI UIN Antasari Banjarmasin Terhadap Karakter dan Kreativitas Mahasiswa. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
awal.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK IQBAL.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (184kB)

ABSTRAK

Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Mahasiswa adalah kaum intelektual yang diharapkan menjadi generasi yang berkarakter. Mahasiswa yang berkarakter tentunya harus dibarengi dengan wawasan yang luas dengan budaya gemar membaca serta kreativitas yang tinggi di dalamnya. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama mengetahui minat baca. Kemudian untuk mengetahui kreativitas mahasiswa PGMI semester 4 di UIN Antasari Banjarmasin agar menjadi mahasiswa yang berkarakter. Minat baca dan kreativitas dijadikan dasar dalam membentuk mahasiswa berkarakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya dalah penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya dengan menggunakan angket. Dalam teknik menganalisis data yang digunakan pertama dengan penyajian data, kedua reduksi data, ketiga menarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI semester 4 sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat baca mahasiswa PGMI UIN Antasari dalam membentuk mahasiwa berkarakter tergolong sedang. Dari responden melalui wawancara satu dari dua responden, responden JA tergolong gemar membaca hal ini karena faktor budaya membaca di rumah, dan motivasi yang tinggi dari JA untuk memiliki wawasan. Sedangkan BD tergolong minat bacanya rendah, hal ini dipengaruhi pergaulan, kebiasaan bermain game dan motivasi membaca yang kurang. Sedangkan hasil melalui angket yang diisi oleh 17 responden diketahui bahwa minat bacanya cukup baik yaitu di atas 50 persen. namun tidak bisa dikatakan tinggi sebagaimana kriteria mahasiswa yang berkarakter yang memiliki minat baca yang tinggi. Kreativitas mahasiswa PGMI UIN Antasari dalam membentuk mahasiwa berkarakter trelihat beragam. Kreativitas memiliki lingkup yang luas. Dua orang responden memiliki kesukaan yang berbeda, namun mereka menerapkannya dalam upaya mengembangkan kreativitas. Selanjutnya para responden memiliki rasa ingin tahu dan mencoba hal yang baru yang cukup tinggi persentasinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2023 00:15
Last Modified: 28 Jul 2023 00:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24382

Actions (login required)

View Item View Item