EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an oleh Guru Udin dalam Praktik Pengobatan di Desa Baranggau Kecamatan Kapuas Kuala (Studi Living Qur’an)

Halimah, Nor (2023) Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an oleh Guru Udin dalam Praktik Pengobatan di Desa Baranggau Kecamatan Kapuas Kuala (Studi Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (632kB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an oleh Guru Udin di Desa Baranggau Kecamatan Kapuas Kuala yang berbentuk studi living Qur’an, karena merupakan sebuah praktik memfungsikan Al-Qur’an dalam kehidupan nyata yang tidak mengacu pada pesan tekstual dalam ayat-ayat AlQur’an tersebut melainkan berlandaskan dengan fadilat-fadilat bagi kepentingan umat sehari-hari. Penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an oleh Guru Udin dalam praktik pengobatan ini sangat perlu untuk dikaji, karena selain memberitahukan kepada para pembaca secara khusus penelitiana ini juga akan memberitahuka kepada seluruh umat Islam bahwa Al-Qur’an adalah kitab yang harus dipegang untuk dihayati, dipahami, danadiamalkan kandungan yang terdapat di dalamnya sehingga akan muncul berbagai kesan yang laur biasa bagi diri, sebagaimana yang dilakukan oleh Guru Udin dalam memfungsikan Al-Qur’an untuk pengobatan. Penelitian ini dikaji dalam bentuk deskriptif, yang terdiri dari tiga rumusan masalah, yaitu: a) Apa saja ayat-ayat yang digunakan oleh Guru Udin dalam praktik pengobatan di Desa Baranggau Kecamatan Kapuas Kuala? b) Apa alasan Guru Udin menggunakan ayat-ayat tersebutadalam praktikapengobatan di Desa Baranggau Kecamatan Kapuas Kuala? c) Bagaimana cara Guru Udin menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an dalam praktik pengobatan di Desa Baranggau Kecamatan Kapuas Kuala? Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field reseach) yang berbentuk kajian living Qur’an. Metode yang digunakan bertujuan untuk mengungkap apa saja ayat-ayat yang digunakan, alasan penggunaan ayat, serta cara penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an oleh Guru Udin dalam praktik pengobatan. Adapun teknik yang digunakan oleh penulis dalam pengumpulan data adalah berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu, dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yakni sebuah analisis yang dilakukan dengan mendiskripsikan situasi tertentu yang bersifat formal secara terstruktur dan akurat. Hasil dari penelitian mengenai penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an oleh Guru Udin dalam praktik pengobatan di Desa Baranggau Kecamatan Kapuas Kuala ini adalah terdiri dari sembilan macam surah, yaitu Q.S al-Fȃtiẖah/1: 1-7, al-an’ȃm/6: 36, Q.S al-Ra’d/13: 1-Selesai, Q.S al-Naẖl/16: 78, Q.S al-Anbiyȃ`/21: 69, Q.S alSyu’arȃ`/26: 130, Q.S al-Qalam/68: 1, dan Q.S al-Insyirȃẖ/94: 1-5 dengan alasan penggunaan yang berbentuk tabaruk, ijazah dari Guru, dan pemahaman Guru Udin sendiri tentang ayat yang digunakan. Adapun cara penggunaan ayat-ayat ini diawali dengan bertawasul terlebih dahulu pada setiap memulai pengobatan dengan membaca surah al-Fȃtiẖah. Kemudian, membaca ayat-ayat sesuai dengan penyakit yang diobati dan ditutup dengan do’a.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:49
Last Modified: 28 Jul 2023 02:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24404

Actions (login required)

View Item View Item