EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendapat Ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Banjarmasin Tentang Salat Tolak Bala Arba Mustamir

Halim, Abdul (2023) Pendapat Ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Banjarmasin Tentang Salat Tolak Bala Arba Mustamir. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN HLM.pdf

Download (402kB)
[img] Text
AWAL HLM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK HLM.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 1 HLM.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB 2 HLM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB III HLM.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB 4 HLM.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 5 HLM.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HLM.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN HLM.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kekonsistenan suku Banjar terhadap adat istiadatnya yaitu masih menjalanakan tradisi leluhur oleh masyarakat Kota Banjarmasin adalah tradisi Arba Mustamir. Nama Arba Mustamir sendiri diambil dalam bahasa Arab yaitu dari nama Rabu terakhir dibulan Safar. Yang mana tradisi Arba Mustamir adalah hal yang harus dilakukan dengan sesuai adat istiadat nenek moyang mereka secara turun temurun. Tradisi Arba Mustamir ini dilaksanakan tiap tahun pada hari rabu terakhir di bulan Safar dalam penanggalan Hijriah ini merupakan bulan ke 2 setelah bulan Muharram.Dalam hal ini, Ada perbedaan pendapat antara Ulama Nahdlatul Ulama dan Ulama Muhammadiyah Kota Banjarmasin. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat ulama Nahdlatul Ulama dan ulama Muhammadiyah di Banjarmasin tentang salat tolak bala arba mustamir dan mengetahui landasan istidlal Ulama Nahdlatul Ulama dan ulama Muhammadiyah tentang salat tolak bala arba mustamir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris yang mengharuskan peneliti turun langsung ke lapangan dan terlibat dengan masyarakat setempat dan melakukan wawancara kepada beberapa ahli Nahdlatul Ulama dan Ulama Muhammadiyah Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitiaan hukum ini mengumpulkn data dan informasi terhadap informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa NU dan Muhammadiyah mengajarkan bahwa salat tolak bala arba mustamir adalah suatu bentuk ibadah yang (tidak dianjurkan) namun dapat diganti dengan salat sunnah mutlak membantu umat Muslim dalam memohon perlindungan dari bencana dan musibah. Dari dalil-dalil tersebut, maka Istidlal Ulama Nahdlatul Ulama dan Ulama Muhammadiyah menyimpulkan bahwa Salat Tolak Bala Arba Mustamir merupakan salah satu cara untuk memohon perlindungan dari Allah SWT dan menghindari bencana atau musibah yang mungkin terjadi. Bagi Ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah diharapkan mengeluarkan fatwa terkait salat tolak bala untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:59
Last Modified: 28 Jul 2023 07:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24425

Actions (login required)

View Item View Item