EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Dakwah Nabi Muhammad Saw: Telaah Pemikiran Imam Haddad dalam Kitab Ad-Da’wah At-Tāmmah Wa At-Tadzkirah Al-‘Āmmah

Maziyah, Laila (2023) Metode Dakwah Nabi Muhammad Saw: Telaah Pemikiran Imam Haddad dalam Kitab Ad-Da’wah At-Tāmmah Wa At-Tadzkirah Al-‘Āmmah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (416kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendakwah berangkat menuju medan dakwah tentunya akan berhadapan dengan mad’u yang memiliki paham dan pegangannya masing-masing yang sudah kuat dan juga tingkat kecerdasannya yang bervariasi. Setiap jenis madu tersebut dihadapi dan diperlakukan sepadan dengan tingkat kecerdasannya. Pada situasi tersebut maka perlu adanya pemahaman oleh para juru dakwah terhadap metodemetode yang sesuai untuk mad'u tersebut. Dengan mengetahui prinsip-prinsip metode atau pedoman dasar metode, seorang da’i akan memperhatikan pula faktorfaktor yang mempengaruhi pemilihan dan penggunaan suatu metode, agar metode yang dipilih dan digunakan benar-benar fungsional. Dalam hal ini, Imam Haddad sebagai Quthbudda’wah wal Irsyad memiliki satu kitab karangan beliau yang berjudul Ad-Da’wah At-Tāmmah Wa At-Tadzkirah Al-‘Āmmah. Karya beliau ini dapat dijadikan rujukan, karena kitab ini ditulis Imam Haddad dengan materi yang menyesuaikan golongan mad’u yang terbagi kepada delapan golongan yang berasal dari berbagai kalangan. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui pemikiran Imam Haddad tentang dakwah dan apa metode dakwah yang digunakan Imam Haddad dalam kitab Ad-Da’wah At-Tāmmah Wa At-Tadzkirah Al-‘Āmmah. Maka agar mengetahui materi dakwah Imam Haddad dalam kitab tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif. Penelitian ini mengguakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang digunakan untuk melihat dan mengklasifikasikan katakata dalam kitab Ad-Da’wah At-Tāmmah Wa At-Tadzkirah Al-‘Āmmah. Jenis penelitian yaitu riset kepustakaan (library research). Subjek penelitian adalah kitab Ad-Da’wah At-Tāmmah Wa At-Tadzkirah Al-‘Āmmah dan objek penelitian adalah metode dakwah Nabi Muhammad Saw yang termuat dalam kitab Ad-Da’wah AtTāmmah Wa At-Tadzkirah Al-‘Āmmah. Data primer adalah kitab Ad Da’wah at - Tammah . Sedangkan data sekunder adalah buku yang membahas Imam al-Haddad, tafsir Al-Qur’an, hadis, kamus dan ensoklopedi. Berdasarkan hasil penelitian maka metode dakwah Imam Haddad dalam kitab ini selaras dengan metode dakwah yang Nabi Muhammad SAW gunakan seperti yang disebutan pada bagian bab 2 yaitu levelisasi mad’u dengan pendekatan pendidikan. Adapun metode dakwah yang digunakan Imam Haddad yaitu hikmah dan mauidzah hasanah dengan lima kategori yaitu: hikmah dengan mauidzah hasanah dengan peringatan, mauidzah hasanah dengan kabar gembira, mauidzah hasanah dengan himbauan, mauidzah hasanah dengan analogi, dan mauidzah hasanah dengan pengajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:48
Last Modified: 28 Jul 2023 08:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24433

Actions (login required)

View Item View Item