EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Fatwa DSN-MUI No. 26 Tahun 2002 pada Akad Gadai Emas (Studi pada BSI Cabang Banjarmasin)

Setyabudie, Hary (2023) Implementasi Fatwa DSN-MUI No. 26 Tahun 2002 pada Akad Gadai Emas (Studi pada BSI Cabang Banjarmasin). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Gadai syariah atau "rahn" adalah praktek dalam Islam yang menggunakan barang berharga sebagai jaminan untuk utang. Sistem gadai syariah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pinjaman halal tanpa bunga. Emas merupakan pilihan investasi jangka panjang yang baik untuk mengamankan aset saat nilai mata uang menurun. Investasi emas juga dapat berfungsi sebagai dana darurat karena mudah dicairkan dan nilainya yang relatif stabil. Di Indonesia, hukum gadai emas diatur oleh Fatwa DSN-MUI No. 25/DSN-MUI/III/2002. Dalam penelitian ini, peneliti menetapkan dua rumusan masalah, yaitu bagaimana implementasi Fatwa DSN-MUI No.26 tahun 2002 pada akad gadai emas di BSI Cabang Banjarmasin dan apakah BSI Cabang Banjarmasin mengalami kendala atau tantangan dalam mengimplementasikan fatwa DSN-MUI No.26 tahun 2002. Untuk tempat penelitian, peneliti memili BSI KC Banjarmasin Lambung Mangkurat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research),sedangkan sifat penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data terkumpul maka peneliti menganalisisnya dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian, dari penelitian yang telah peneliti laksanakan, Bank Syariah Indonesia Cabang Banjarmasin Lambung Mangkurat dalam menerapkan dan menjalankan BSI Gadai Emas ini sudah berdasarkan dan berpedoman pada Fatwa DSN-MUI, namun ada beberapa hal yang kurang sempurna seperti pemahaman nasabah mengenai akad gadai emas. Kendala atau tantangan dalam mengimplementaikan Fatwa DSN-MUI yang sekarang menggunakan Fatwa DSNMUI No.92 tahun 2014 ini ada pada nasabah yang masih meragukan kehalalan gadai emas karena kurangnya pemahaman mengenai gadai emas dan akad yang ada di dalamnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2023 00:35
Last Modified: 01 Aug 2023 00:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

View Item View Item