EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Kafaah Terhadap Keberlangsungan Keluarga Sakinah Perspektif Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Jamaah Muslimin (Hizbullah)

Purwaningsih, Khatijah Ayu (2023) Konsep Kafaah Terhadap Keberlangsungan Keluarga Sakinah Perspektif Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Jamaah Muslimin (Hizbullah). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN AYU.pdf

Download (501kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I KAP.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II KAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB III KAP.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV KAP.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB V KAP.pdf

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KAP.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN KAP.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Konsep kafaah merupakan unsur-unsur dan substansi hukum kafaah dalam perkawinan, yaitu keseimbangan antara calon suami dan calon istri yang akan melakukan sebuah perkawinan. Peneliti memperhatikan dalam observasi penelitian bahwa kafaah yang terjadi di masyarakat belum sesuai dengan syariat Islam, terutama penerapan kafaah dalam hal agama, yaitu pada perbedaan organisasi keagamaan. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian terhadap informan yaitu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Jamaah Muslimin (Hizbullah) yang menurut peneliti tokoh Jamaah Muslimin (Hizbullah) ini belum ada yang melakukan riset penelitian mengenai kafaah dalam perkawinan. Harapannya penelitian ini bisa menjadi acuan utama untuk penelitian-penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam masyarakat dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara (interview), yaitu memperoleh informasi dari informan dengan melakukan tanya jawab. Data yang telah dihimpun dianalisis dengan cara menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menurut tokoh Nahdlatul Ulama konsep kafaah akan menjadi sebuah kewajiban ketika perkawinan yang dilakukan terdapat perbedaan keyakinan akidah dalam beribadah, maksudnya adalah perbedaan aliran antara Sunni dan Syiah, dan konsep kafaah tidak diperlukan apabila seseorang dapat menjaga kehormatan dengan sebaik-baiknya, sedangkan menurut tokoh Jamaah Muslimin (Hizbullah) konsep Kafaah dalam perkawinan harus sesuai dengan perintah Allah Swt dan Nabi Muhammad saw, artinya cukup bagi seseorang beragama Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat yang menandakan bahwa keIslamannya adalah sah, maka seseorang tersebut boleh menikah dengan orang Islam dari golongan manapun tentunya dengan melakukan beberapa pertimbangan oleh wali nikah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2023 00:33
Last Modified: 01 Aug 2023 00:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24472

Actions (login required)

View Item View Item