EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Minat Santri dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Ar-Raudhah Hulu Sungai Utara

Inayah, Zulfatul (2023) Minat Santri dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Ar-Raudhah Hulu Sungai Utara. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1. PERNYATAAN Zulfa.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2. AWAL Zulfa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK Zulfa.pdf

Download (317kB)
[img] Text
4. BAB I Zulfa.pdf

Download (466kB)
[img] Text
5. BAB II Zulfa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
6. BAB III Zulfa.pdf

Download (681kB)
[img] Text
7. BAB IV Zulfa.pdf

Download (319kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA Zulfa.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN Zulfa.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pondok Pesantren tahfizh yang ada kalimantan terutama yang ada di Hulu Sungai Utara, ini menjadi sesuatu hal yang menarik untuk diteliti khususnya di Pondok Pesantren ar-Raudhah yang yang mana banyak melahirkan hafizh hafizhah yang bertebaran di wilayah Hulu Sungai Utara. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini yakni alasan santri sehingga berminat menghafal Al-Qur`an di Pondok Pesantren Ar-Raudhah dan faktor yang mempengaruhi santri dalam menghafal Al-Qur`an di Pondok Pesantren Ar-Raudhah. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menyajikan fakta secara sistematis dengan tujuan agar mudah disumpulkan dan dipahami. Dengan beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun prosedur yang digunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minat santri dalam menghafal AlQur`an di Pondok Pesantren ar-Raudhah karena disebabkan beberapa alasan baik eksternal maupun internal. Kedua alasan ini ada yang bersifat teologis, pragmatis, dan akademis. Untuk alasan internal yang mempengaruhi minat santri menghafal AlQur`an diantaranya, ingin mencari ridho Allah, memperbaiki diri, pegangan hidup, mendapatkan banyak pahala, ingin menjadi hafiz dan hafizhah (bersifat teologis) ingin menjadi imam ketika shalat saat terjun kemasyarakat (bersifat pragmatis) ingin melanjutkan studi ke tempat yang diinginkan, mendalami ilmu Al-Qur`an (bersifat akademis). Sedangkan alasan eksternal meliputi, memberikan syafa‟at dan mahkota kepada orang tua di akhirat, membahagiakan kedua orang tua (bersifat teologis), melaksanakan perintah guru terpengaruh dari teman (besifat pragmatis). Selanjutnya terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi minat santri menghafal Al-Qur`an, faktor pendukung meliputi motivasi yang datang dari diri santri, muraja‟ah hafalan, lingkungan, dan ingin mengajarkan Al-Qur`an. Di sisi lain, faktor penghambat santri dalam menghafal Al-Qur`an adalah rasa malas untuk menambah dan mengulang hafalan, sulit dalam membagi waktu, masih sering melakukan maksiat, suasana hati yang tidak baik, pengaruh teman dan lingkungan, serta kesalahan dalam penerapan tajwid.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:16
Last Modified: 01 Aug 2023 05:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24562

Actions (login required)

View Item View Item