EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penafsiran Buya Hamka Tentang Khauf dan Rajâ‘ dalam Al-Qur’an

Innayah, Dinda Shofi (2023) Penafsiran Buya Hamka Tentang Khauf dan Rajâ‘ dalam Al-Qur’an. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (504kB)

ABSTRAK

Khauf dan rajâ‘ adalah sebuah ajaran tasawuf yang berperan penting dalam kehidupan. Khauf dan rajâ‘ merupakan landasan dalam seseorang untuk beribadah. Kedua hal ini berjalan seimbang hingga menjadi pondasi untuk membangun husnulkhatimah. Saat ini, polemik yang hadir tidak jauh dari masalah hati diantaranya seperti putus asa, pesimis, dan sebagainya. Hal itu hadir karena tidak adanya internalisasi khauf dan rajâ‘dalam diri seseorang serta tidak ada pengetahuan atau pengajaran tentang itu. Bahkan ketimpangan inilah juga yang melahirkan sifat-sifat buruk itu. Hal ini menarik peneliti untuk membahas khauf dan rajâ‘ dalam penafsiran mufasir mashyur di Indonesia, Buya Hamka. Penelitian ini dilakukan dengan kajian studi pustaka memakai pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Ayat-ayat yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayat-ayat yang berisi kata khauf dan rajâ‘ serta ayat-ayat yang terkandung di dalamnya penafsiran khauf dan rajâ. Penelitian ini juga memakai sumber primer, yakni Tafsir Al-Azhar dan segala referensi lain yang terkait diantaranya tentang khauf, rajâ‘, tasawuf, atau karya Buya Hamka yang lainnya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Al-Qur‟an menjelaskan khauf sebagai takut yang mana takut itu dibagi menjadi dua, terpuji dan dilarang. Takut yang dimaksud lebih merujuk kepada siksa dan azab Allah Swt. Rajâ‘ di dalam Al-Qur‟an diartikan sebagai harapan yang disertai dengan usaha untuk menggapainya. Al-Qur‟an juga menerangkan adanya talâzum antara keduanya. Dalam penafsiran Buya Hamka, makna khauf dan rajâ‘ tidak direkonstruksi dari makna aslinya dan juga tidak menafikan pendapat ulama sufi terdahulu. Buya Hamka menjelaskan khauf sebagai takut akan siksa dan azab Allah Swt, terlebih takut pada kelalaian diri atau kurangnya pengabdian. Rajâ‘ menurut Buya Hamka adalah harapan akan rahmat dan karunia Allah Swt. baik itu untuk ukhrawi maupun duniawi. Buya Hamka juga menjelaskan bahwa talâzum dari kedua hal ini akan menjaga seseorang dari kemaksiatan dan hawa nafsu serta terhindar dari mudahnya keputusasaan. Dari penafsiran Buya Hamka ini terdapat perbedaan dan persamaan dari ulama-ulama sufi lainnya. Buya Hamka mengedepankan konsep ajaran tasawuf yang seimbang antara hubungan dengan Allah Swt. dan hubungan dengan manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:08
Last Modified: 01 Aug 2023 06:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24585

Actions (login required)

View Item View Item