EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Perbaikan Diri (Self Improvement) dalam Mengatasi Rasa Insecure Perspektif Al-Qur`an

Mardhiah, Sahla (2023) Upaya Perbaikan Diri (Self Improvement) dalam Mengatasi Rasa Insecure Perspektif Al-Qur`an. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (335kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kesehatan mental yang disebabkan oleh banyaknya orang yang mengalami insecure berlebihan, Oleh karena itu, untuk membina kesehatan mental, agama dan Al-Qur`an sangat penting. Salah satu cara untuk mengatur perasaan insecure agar menjadi tidak berlebihan, manusia dianjurkan untuk menjaga keseimbangan emosinya, yaitu dengan melakukan self improvement. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan tentang insecure dan self improvement berdasarkan ayat-ayat AlQur`an yang berkaitan dan dilengkapi dengan penjelasan psikologi. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan psikologi. Penelitian ini menerapkan metode maudhu’i yakni dengan mengumpulkan ayat-ayat yang berkaitan dengan pembahasan di dalam Al-Qur`an. Kemudian mencari data dan menelaah referensi maupun literatur-literatur yang terkait dengan pembahasan insecure dan self improvement dari segi tafsir, psikologi, buku-buku keislaman dan artikel. Adapun hasil dari penelitian ini ialah: Pertama, Al-Qur`an tidak menyebutkan secara langsung kata insecure, akan tetapi, mengungkapkan dengan beberapa term, yakni term khauf (takut dan khawatir), huzn (bersedih hati), halû’a (keluh kesah), jazû’a (cemas) dan ya`ûsa (putus asa). Kedua, self improvement di dalam Al-Qur`an juga tidak disebutkan, melainkan melalui perintah memikirkan hari esok dengan cara meningkatkan ketakwaan yakni menjadi seseorang yang lebih baik lagi (Q.S. Al-Hasyr/59: 18) dan itu sejalan dengan pengertian self improvement. Ketiga, solusi yang diberikan Al-Qur`an terkait dengan mengatasi insecure ialah berinteraksi dengan Al-Qur`an sendiri dan sesuai dengan kandungan dari ayat tentang self improvement yang terkandung di dalam Q.S. alHasyr/59: 18 ialah dengan: Sabar (Q.S. al-Baqarah/1: 153, Q.S. al-Baqarah/1: 155-156, dan Q.S. al-Baqarah/1: 177), salat (Q.S. al-Baqarah/1: 45), syukur (Q.S. al-Baqarah/1: 152 dan Ibrâhîm/14: 7), zikir (Q.S. al-Baqarah/1: 152, al-Anfâl/8: 49 dan al-Ra’d/13: 28), tawakal (al-Taubah: 51, al-Anfâl/8: 49 dan Ṭāhā/11: 25- 26), husnuzan (Q.S. al-Baqarah/1:216 dan al-Insyirah /94: 5-6).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:22
Last Modified: 02 Aug 2023 00:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24599

Actions (login required)

View Item View Item