EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upacara Kematian Suku Dayak Bakumpai di Kelurahan Muara Tuhup

Wijaya, Ahmad Razikin (2023) Upacara Kematian Suku Dayak Bakumpai di Kelurahan Muara Tuhup. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (901kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena upacara kematian yang terjadi di kelurahan Muara Tuhup, yang merupakan bagian dari budaya Dayak Bakumpai. Masyarakat Dayak Bakumpai adalah kelompok etnis Dayak yang menganut agama Islam namun masih mempertahankan tradisi dan budaya asli mereka. Perpaduan antara budaya lokal Dayak Bakumpai dan pengaruh agama Islam dalam pelaksanaan upacara kematian ini menarik untuk diteliti lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah mendokumentasikan dan menganalisis proses upacara kematian yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Bakumpai di kelurahan Muara Tuhup serta mengidentifikasi pengaruh agama dan kebudayaan terhadap pelaksanaan upacara tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk memahami peristiwa upacara kematian dalam menjaga keberlanjutan identitas budaya Dayak Bakumpai yang telah mengalami pengaruh agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Dayak Bakumpai yang terlibat dalam pelaksanaan upacara kematian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif yaitu peneliti terlibat secara langsung dalam mengamati dan mengikuti upacara kematian yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Bakumpai di Muara Tuhup, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis reduksi, display, dan verifikasi data. Metode triangulasi juga digunakan untuk memverifikasi keabsahan data dengan membandingkan hasil penelitian dengan sumber data yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upacara kematian Dayak Bakumpai di kelurahan Muara Tuhup merupakan harmonisasi yang seimbang antara tradisi agama Islam dan budaya lokal. Upacara tersebut menggabungkan tradisi upacara kematian Dayak Bakumpai dengan tradisi upacara kematian lainnya yang ada di wilayah tersebut. Praktiknya melibatkan serangkaian kegiatan yang memadukan adat istiadat lokal dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini juga menemukan bahwa upacara kematian Dayak Bakumpai memiliki peran penting dalam menjaga keberlanjutan identitas budaya Dayak. Meskipun telah memeluk agama Islam, masyarakat Dayak Bakumpai tetap menghormati dan mempertahankan tradisi dan adat istiadat mereka sebagai bagian integral dari warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:08
Last Modified: 04 Aug 2023 07:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item