EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Pengampunan Allah dengan Bentuk Dosa dalam Tafsir Al-Qurthubī

Nurrahman, Taufik (2023) Hubungan Pengampunan Allah dengan Bentuk Dosa dalam Tafsir Al-Qurthubī. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dalam penelitian ini, penulis berfokus pada hubungan pengampunan Allah dengan bentuk dosa dengan menggunakan penafsiran dari al-Qurthubī. Beberapa tujuan disusunya penelitian ini anatara lain yaitu 1. Mengetahui makna pengampunan dalam Islam. 2. Mengetahui penafsiran al-Qurthubī tentang pengampunan dan hubunganya dengan bentuk dosa. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Artinya, bahan pustaka diproduksi dengan menggunakan sumber data primer dan dirancang untuk menggali teori dan konsep yang ditemukan oleh peneliti sebelumnya selain itu juga melacak kemajuan penelitian di bidang studi sehingga memperoleh arah yang luas pada topik yang dipilih dan memanfaatkan data sekunder penelitian berulang saat ini. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode analitis-deskriptif yang berarti penulis akan berusaha menggambarkan setepat mungkin berkenaan dengan pokok masalah yang berdasarkan konsep-konsep yang sudah dikemukakan secara jelas. Pada penelitian ini, penulis akan mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an yang mempunyai makna secara umum ampunan. Kemudian mencari pendapat dari mufassir tentang lafaz ayat tersebut dan mengetahui ruang lingkup pembahasan dari ayat tersebut Hasil dari penelitian ini bahwasanya dalam Al-Qur’an lafaz yang mengandung makna pengampunan Allah setidaknya ditemukan lima lafaz atau sifat Allah, yakni kata Al-Afwu, Gha>fir, Ghaffa>r, Ghaffu>r dan Rahi>m. Makna dari kata Al-Afwu sendiri adalah bentuk maaf dari Allah yang diberikan kepada seluruh manusia setelah atau sebelum Allah menjatuhkan hukuman atas dosa yang telah diperbuat. Makna dari kata Gha>fir sendiri adalah Allah Yang Maha Mengampuni dosa manusia yang terdahulu baik dosa kecil maupun besar setelah manusia bertaubat kepada Allah. Makna dari kata Ghaffa>r antar lain adalah ampunan dari Allah yang diberikan kepada manusia dan Allah tidak akan menghukum atas kesalahnya, namun dosa yang telah dilakukan tersebuit akan ditampakan di akhirat kelak. Makna dari kata Ghaffu>r antar lain adalah nama dari Allah yang digunakan untuk mengampuni dosa yang sangat banyak, namun dosa tersebut juga masih ada dan akan ditunjukan kelak di akhirat. Makna kata Rahi>m. antara lain adalah sifat Allah yang memberikan rahmat kepada hamba-Nya yang dapat berupa pengampunan atas dosa-dosa yang besar, serta senantiasa memberikan curahan rahmat kepada hamba-Nya terus menerus dalam bentuk yang berbedabeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 09 Aug 2023 00:30
Last Modified: 09 Aug 2023 00:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24721

Actions (login required)

View Item View Item