EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pandangan Hakim Tentang Faktor-Faktor Disharmoni Pasangan Suami Istri di Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas 1A (Studi Kasus Putusan Perceraian dari Tahun 2020-2021)

Al Islami, Abdul Majid (2023) Pandangan Hakim Tentang Faktor-Faktor Disharmoni Pasangan Suami Istri di Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas 1A (Studi Kasus Putusan Perceraian dari Tahun 2020-2021). Skripsi, Syariah.

[img] Text
SURAT KEASLIAN TULISAN ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
COVER S.D DAFTAR TABEL ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1 ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2 ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB 3 ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 4 ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 5 ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN ABDUL MAJID AL ISLAMI.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat tingginya angka perceraian di Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas 1A pada tahun 2020-2021, pada tahun 2020 total yang diterima terkait perceraian adalah 1.379 perkara sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 1.548 perkara. Berdasarkan pernyataan tersebut terkait alasan perceraian dalam suatu perkara terdapat beberapa alasan yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu Pasal 19 Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Pasal 116 di KHI (Kompilasi Hukum Islam), yang mana alasan para pihak yang bersangkutan tidak ada termuat dalam aturan hukum tersebut. Contohnya, bermain game online secara berlebihan, begadang, terputusnya komunikasi dalam antar suami istri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapat hakim terkait tingginya angka perceraian faktor apa saja yang mengakibatkan disharmoni pasangan suami istri, serta kriteria seperti apakah konsep disharmoni hingga putusnya perceraian di Pengadilan Agama Banjarmasin Kelas 1A. Penelitian ini jenisnya adalah penelitian lapangan, dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan bahan hukum menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa para hakim berpendapat mengenai faktor-faktor disharmoni pasangan suami istri yang menyebabkan perceraian adalah kebanyakan dari faktor yang dikategorikan dalam perselisihan dan pertengkaran. Mengenai kriteria dalam konsep disharmoni sehingga putusnya perceraian. Semua hakim mengacu pada Pasal 19 Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Pasal 116 KHI (Kompilasi Hukum Islam).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:29
Last Modified: 09 Aug 2023 02:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24728

Actions (login required)

View Item View Item