EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Akhlak dalam Buku Syair Indera Bumaya (Analisis Konten Sastra Berbasis Lokal)

Helyati, Sebti Fariha (2023) Nilai-Nilai Akhlak dalam Buku Syair Indera Bumaya (Analisis Konten Sastra Berbasis Lokal). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (630kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Syair merupakan sastra lisan yang mulai tertinggal di Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan Selatan. Sejak tahun 1979 Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan mulai menghimpun berbagai koleksi naskah filologi salah satunya naskah Syair Indera Bumaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui apa saja pesan-pesan budaya lokal yang terkandung dalam Syair Indera Bumaya dan untuk mengetahui relevansi pesan-pesan yang terkandung dalam syair Indera Bumaya dengan nilai-nilai Akhlak. Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur menelaah naskah syair Indera Bumaya yang relevan dengan penelitian penulis. Teknik anaslisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, dengan literatur melalui riset kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari dokumendokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis buku serta jurnal dengan kaidah yang berhubungan dengan syair Indera Bumaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya, Syair Indera Bumaya merupakan karya sastra lama, yang pernah hidup dizamannya yang mengandung nilai-nilai akhlak terkait pesan-pesan budaya lokal yang terdapat di dalam ceritanya. Nilai akhlak dalam syair tersebut adalah 1) hubungan manusia dengan tuhan, dan pesan yang relevannya adalah bersyukur, memanjatkan do’a, berserah diri, dan memuji keagungan tuhan. Wujud pesan yang paling dominan dalam Syair Indera Bumaya ini adalah sikap memanjatkan do’a atau berharap kepada tuhan. 2) hubungan manusia dengan diri sendiri, dan pesan yang relevannya adalah pantang menyerah, mununtut ilmu, kesabaran, teguh pada pendirian, melihat indahnya alam, dan unsur pralogis. wujud pesan yang paling dominan dalam syair indera bumaya ini adalah menuntut ilmu. 3) hubungan manusia dengan manusia lain, dan pesan yang relevannya adalah tolong menolong, berperang, jual beli, nasehat antar saudara, saling memaafkan, dan menghormati.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:30
Last Modified: 09 Aug 2023 02:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24729

Actions (login required)

View Item View Item