EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Umat-Umat Terbaik dalam Al-Qur’an (Perspektif Penafsiran Habiburrahman El Shirazy dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2)

Marzuki, Muhammad (2023) Konsep Umat-Umat Terbaik dalam Al-Qur’an (Perspektif Penafsiran Habiburrahman El Shirazy dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (292kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Lampiran lampiran dan Riwayat Hidup Marzuki.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an dalam membicarakan umat-umat terdahulu sangatlah jelas dan mudah dipahami terutama mengenai umat Islam. Umat Islam disebutkan sebagai umat terbaik (khaira ummah) sebagaimana firman Allah dalam QS. Ali Imran [3]: 110. Pemaknaan itu sendiri merupakan sebutan yang sangat istimewa. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, umat Islam semakin dipermudah dalam mensyiarkan ajaran-ajaran Islam dan membumikan nilai-nilai Al-Qur’an melalui berbagai media. Salah satunya adalah novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El-Shirazy. Munculnya Novel Ayat-ayat cinta 2 ini lebih banyaknya terinspirasi dari Al-Qur’an. Terbukti, novelis banyak memasukkan ayatayat Al-Qur’an dalam novel tersebut. Hal itu dilatar belakangi agar penulis dapat menyampaikan bagaimana perilaku (implementasi) dari pesan-pesan ayat-ayat AlQur’an yang dibungkus sedemikian rupa melalui bahasa novel supaya mudah dibaca dan diterima oleh kalangan umum. Meskipun novel Ayat-ayat cinta 2 bukan merupakan karya tafsir. Akan tetapi, novel tersebut adalah karya sastra yang mengandung penafsiran ayat AlQur’an di dalamnya yang menarik untuk diteliti. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memahami pola penafsiran Habiburrahman El-Shirazy dan juga untuk menerangkan Konsep Umat Terbaik dalam novel Ayat-ayat cinta 2 perspektif Habiburrahman El-Shirazy. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data primernya adalah novel Ayat-ayat cinta 2 Karya Habiburrahman El-Shirazy dan data sekunder yang berasal dari kitabkitab dan buku-buku yang membahas tentang umat terbaik (khaira ummah). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan telaah dokumen/referensi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Ayat-ayat cinta 2 Habiburrahman El Shirazy memiliki kecenderungan menafsirkan ayat Al-Qur’an dengan menggunakan kutipan Bibel, mengambil sumber penafsiran yang disandarkan kepada Ahli Kitab. Hal tersebut sejalan dengan penjelasan beliau mengenai konsep umat terbaik dalam Islam sebagai bantahan dari klaim Yahudi sebagai bangsa pilihan Tuhan dengan menggunakan kutipan dari kitab suci agama Yahudi dan Nasrani. Bahwa predikat tersebut tidak didapat secara mutlak, melainkan ada syarat-syarat yang harus terpenuhi. Adapun syarat yang paling utama yang harus dipenuhi dari gelar keduanya tersebut yaitu harus beriman kepada Allah. Selain juga harus terpenuhinya seruan amr ma’ruf nahi munkar sebagai kriteria untuk menjadi umat yang terbaik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:29
Last Modified: 11 Aug 2023 07:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24800

Actions (login required)

View Item View Item