EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Mengucapkan Salam Lintas Agama dalam Interaksi Sosial Umat Beragama Menurut Tokoh Agama di Kota Banjarmasin

Adawiyah, Rabiatul (2023) Mengucapkan Salam Lintas Agama dalam Interaksi Sosial Umat Beragama Menurut Tokoh Agama di Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Salam lintas agama merupakan salam dari enam agama yang diakui oleh negara dan diucapkan secara bersamaan. Salam tersebut yaitu Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. Sebagian besar jumlah penduduk Kota Banjarmasin beragama atau menganut sebuah kepercayaan. Dapat dilihat dari banyaknya tempat ibadah dan terdapat beberapa organisasi lintas agama yang ada di Kota Banjarmasin. Oleh karena itu, salam lintas agama yang dikenal dari pejabat tinggi Indonesia juga sampai ke wilayah Kota Banjarmasin yang untuk digunakan dalam kegiatan-kegiatan lintas agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan para tokoh agama yang ada di Kota Banjarmasin tentang ucapan salam lintas agama. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan sosiologi dan teologi. Subjek dalam penelitian ini adalah tokoh agama yang ada di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Salam lintas agama dianggap sebagai bentuk toleransi dan kerja sama dalam semua agama. Dalam Islam, salam lintas agama dianjurkan selama tidak melanggar prinsip-prinsip ajaran Islam. Adapun dalam Katholik dan Kristen, salam lintas agama dapat dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap orang lain, namun tidak boleh mengorbankan keyakinan agama sendiri. Hinduisme berpandangan bahwa, salam lintas agama dapat dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Tuhan yang ada dalam berbagai agama. Buddhisme menjelaskan bahwa salam lintas agama dapat dilakukan sebagai bentuk kasih saying dan penghargaan terhadap sesame manusia. Sedangkan dalam agama Konghucu, salam lintas agama dianggap sebagai bentuk akomodasi dan Kerjasama yang didasarkan pada kebajikan dan budi pekerti yang baik. (2) Berdasarkan pendapat para tokoh agama yang ada di Kota Banjarmasin tentang ucapan salam lintas agama sebelumnya, setiap informan juga menjelaskan bagimana salam tersebut digunakan ketika dalam berinteraksi. Setiap informan menyatakan bahwa memang salam lintas agama ini merupakan salam yang hanya disebutkan dalam forum resmi atau formal pada agenda kegiatan lintas agama yang ada di Kota Banjarmasin. Berbeda dengan Presiden atau pejabat-pejebat tinggi Indonesia ketika menggunakan salam lintas agama ini sebagai salam pembuka pembicaraan, yang mana akan ditonton oleh masyarakat luas bahkan seluruh penjuru Indonesia. Jarang ditemui seseorang menggunakan salam lintas agama ini hanya untuk sekedar menyapa saat bertemu di jalan atau dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:14
Last Modified: 14 Aug 2023 05:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item