EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Intervensi Orang Tua Terhadap Rumah Tangga Anak dalam Tinjauan Maqashid Syariah dan Sosiologi Hukum Islam

Yusuf, Muhammad (2023) Intervensi Orang Tua Terhadap Rumah Tangga Anak dalam Tinjauan Maqashid Syariah dan Sosiologi Hukum Islam. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (656kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (381kB)

ABSTRAK

Orang tua berperan sebagai monitor dan mempunyai kewenangan mengasuh, mendidik dan memberikan kasih sayang terhadap anaknya terkadang tidak menyadari bahwa anak tersebut sudah berumah tangga yang secara otomatis telah melepaskan kekuasaan ataupun perwaliannya dengan orang tua. Dalam beberapa hal adanya intervensi bisa memberikan hal positif dan negatif. Seperti yang sudah terjadi di masyarakat desa kecamatan Daha Utara kabupaten hulu sungai selatan peneliti menemukan pada saat observasi awal bahwa tidak sedikit intervensi orang tua terhadap rumah tangga anak yang menimbulkan ketidakharmonisan pada rumah tangga anak, tetapi tidak semua intervensi orang tua mengakibatkan ketidakharmonisan, melainkan membuat rumah tangga anaknya menjadi harmonis dan mandiri. Imam al-Ghazali menjelaskan dalam maqashid syariah yaitu menjaga agama, nyawa, akal, keturunan dan harta. Adapun pandangan sosiologi hukum islam dalam intervensi orang tua terhadap hubungan pernikahan anak tersebut dari sikap orang tua dalam menangani permasalahan hubungan pernikahan anaknya yang berakibat kepada hukum islam. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bentuk dan dampak Intervensi Orang Tua Terhadap Rumah Tangga Anak di Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam Tinjauan Maqashid Syariah dan sosiologi hukum islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum emperis dengan pendekatan Sosiologi dan Antropologi Hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara, analisis yang digunakan dengan analisis kualitatif. Penelitian ini menghasilkan bentuk intervensi orang tua menimbulkan dampak positif atau negatif terhadap rumah tangga anak dalam pandangan maqashid syariah dan sosiologi hukum islam. Maqashid syariah mengacu pada bentuk intervensi orang tua terhadap rumah tangga anak dalam Memelihara Keturunan (Hifz al-Nasl) yakni dalam hal positif dengan bentuk nasehat orang tua maka akan menimbulkan keharmonisan rumah tangga anak sehingga memungkinkan mereka memiliki keturunan. Sedangkan dalam hal negatif adanya bentuk singgungan orang tua terhadap rumah tangga anak sehingga memungkinkan mereka tidak memiliki keturunan. Dalam sosiologi hukum islam intervensi orang tua terhadap rumah tangga anak menimbulkan dampak positif dan negatif, yang mana dampak positif intervensi orang tua menjadikan mandiri sedangkan dampak negatif menimbulkan perceraian terhadap rumah tangga anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Aug 2023 05:15
Last Modified: 16 Aug 2023 05:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24860

Actions (login required)

View Item View Item