EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Yuridis Terhadap Pencatatan Nikah Sirri dalam Kartu Keluarga

Rahmatullah, Rahmatullah (2023) Analisis Yuridis Terhadap Pencatatan Nikah Sirri dalam Kartu Keluarga. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian.pdf

Download (651kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Peraturan Permandagri No. 109 Tahun 2019 mengatur administrasi kependudukan yang mana salah satu aturanya SPTJM adalah syarat untuk mendaptkan kartu keluarga tanpa melampirkan buku nikah sehingga para pasangan suami istri yang menikah secara sirri bisa mendaptkan kartu keluarga, aturan terjadi pertentangan antara UU Perkawinan dan Permandagri, kedua aturan tersebut terjadi ketidakserasian antara satu dengan yang lain. Penelitian ini adalah Untuk Mengkaji Implikasi hukum pencatatan nikah sirri dalam kartu keluarga terhadap nikah sirri Untuk Mengkaji Harmonisasi Norma Hukum Pada pencatatan nikah sirri dalam kartu keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, Pendekatan Penelitian dalam penelitian ini menggunakan, Pendekatan Perundang-undangan (statute approach), Pendekatan filsafat (Philosophical Approach), bahan hukum yang digunakan adalah baha hukum primer, sekunder, Tersiser, teknik pengumpulan hukumnya dengan studi kepustakaan dengan menggunakan bahan hukum berupa buku, karangan ilmiah, peraturan perundang-undangan dan bahan tertulis lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini, analisis yang digunakan dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini dikhawatirkan celah ini akan membuat praktik pernikahan Siri bisa membuahkan hasil pihak demi kepentingan diri sendiri. implikasinya juga menimbulkan status kekuatan hukum perkawinanya tidak pasti, meningkatnya praktik nikah sirri, administrasi kartu keluarga menjadi lemah karena tercatat " kawin belum tercatat", tercantum status anak pada ibunya di kartu keluarga. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 sebagai peraturan yang lebih tinggi (Lex Superiori) sedangkan Peraturan Permandagri No 109 tahun 2019 diposisikan sebagai peraturan yang bersifat rendah (Lex Inferiori),pertimbangannya adalah Undang-Undang Perkawinan mempunyai kekhususan norma yang mengatur tentang adanya pencatatan perkawin pada pasal 2 ayat (1) dapat menggesampingkan norma pada Permandari No. 109 Tahun 2019 Pada pasal 5 huruf b. Kesimpulan pada penelitian ini Penerbitan KK bagi pasangan nikah siri dengan pencatuman frasa nikah belum dicatat dapat menimbulkan problematika sebagai implikasi hukumya. Implikasi hukum yang akan muncul adalah tidak mendaptkan kepastian hukum pada perkawinanya serta memungkinkan suburnya praktik nikah siri di Indonesia. Konsekuensi yang muncul dari Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 menimbulkan kekaburan hukum dengan UU yang lebih tinggi yakni UU Perkawinan sehingga menimbulkan kerancuan dalam penerapannya karena bersinggungan dengan sektor yang lain yakni KUA dan Pengadilan Agama sebagai lembaga yang berkaitan langsung dengan pencatatan perkawinan dan istbat perkawinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:14
Last Modified: 05 Sep 2023 07:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24894

Actions (login required)

View Item View Item