EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kompetensi Pendidik perspektif Abdullah Nashih Ulwan (1928-1987 M) dalam Kitab Tarbiyah Al-Awlâd fî al-Islâm

Yaumah, Yaumah (2023) Kompetensi Pendidik perspektif Abdullah Nashih Ulwan (1928-1987 M) dalam Kitab Tarbiyah Al-Awlâd fî al-Islâm. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (673kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (308kB)

ABSTRAK

Beberapa permasalahan di Indonesia terkait dengan kompetensi pendidik. Sejumlah besar pendidik belum memahami standar kompetensi yang diharapkan. Pertama, pendidik tidak memiliki kemampuan dalam mengelola siswa. Hal ini terlihat dari cara guru menghukum peserta didik. Tidak jarang guru menghukum secara berlebihan atau bahkan sampai merugikan peserta didiknya. Kedua, rendahnya kepribadian guru. Pembahasan mengenai guru profesional banyak sekali dikemukakan oleh pakar pendidikan. Namun, masih sedikit rujukan yang berasal dari cendekiawan muslim mengingat banyaknya karya-karya cendekiawan muslim yang berbicara tentang pendidikan. Salah satu tokoh cendekiawan yang juga merupakan seorang pakar dalam pendidikan Islam yang telah menciptakan karya-karya besar adalah Abdullah Nashih Ulwan. Diantara karya beliau yang terkenal dan banyak dijadikan sebagai rujukan adalah kitab Tarbiyah Al-Awlâd fî al-Islâm . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kompetensi Pendidik perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyah Al-Awlâd fî al-Islâm. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan analysis content (Analisis Isi) Kompetensi guru menurut UU No. 14 Tahun 2005 ada empat, meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyah Al-Awlâd fî al-Islâm tentang Kompetensi Pendidik meliputi: a) Kompetensi Paedagogik yakni pendidik harus memiliki kemampuan dalam memilih materi pembelajan, mengetahui kondisi anak didik, teliti dengan kondisi anak didik dan mengevaluasi pembelajaran. b) Kompetensi kepribadian yakni pendidik harus memiliki niat yamg ikhlas, bertaqwa kepada Allah, bertanggungjawab terhadap tugasnya, adil, santun dan lemah lembut serta memiliki rasa kasih sayang. c) Kompetensi professional yakni pendidik harus memiliki keilmuan sesuai dengan bidangnya. d) Kompetensi sosial yakni pendidik harus memiliki kemampuan berintaraksi dengan anak didik, dan mampu bersikap objektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:05
Last Modified: 22 Sep 2023 01:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24941

Actions (login required)

View Item View Item