EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Anak Yatim Piatu di Panti Asuhan Mujahidin Muhammadiyah Kapuas Timur

Gustysiana, Putri (2023) Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Anak Yatim Piatu di Panti Asuhan Mujahidin Muhammadiyah Kapuas Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
AWAL PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II PUTRI GUSTYSIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB V PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN PUTRI GUSTYSIANA.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh akhlak dimasa sekarang ini darurat, terlebih bagi anak-anak yang ditinggalkan ayah dan ibunya tentunya sangat memerlukan bimbingan dari figur keluarga dalam membentuk Akhlakul Karimah dalam dirinya, jika tidak maka tidak menutup kemungkinan anak-anak yang sudah tidak memiliki orangtua tersebut akan terjerumus ke pergaulan buruk dan tentunya menyebabkan kemerosotan akhlak dalam diri mereka. Maka, peranan P nti Asuhan sangat diperlukan dalam pembentukan akhlakul karimah agar anak yatim piatu tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penanaman Nilai-nilai Akhlakul Karimah seperti sopan santun, tata krama, Habluminallah dan Habluminannas, menjauhkan diri dari maksiat, menepati janji, menghormati tamu, dan berani, Usaha dan metode penanaman nilai-nilai akhlakul karimah dan faktor pendukung serta penghambat dalam penanaman nilai-nilai akhlakul karimah anak yatim piatu di panti asuhan mujahidin muhammadiyah Kapuas Timur. Adapun jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Data yang diperlukan berupa data pokok yang didapatkan dari subjek utama yaitu dua orang pengurus dan lima orang anak yatim piatu panti asuhan mujahidin muhammadiyah Kapuas Timur. Sedangkan data penunjang didapatkan dari arsip pengurus panti asuhan mujahidin muhammadiyah Kapuas Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yatitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Anak Yatim Piatu Di Panti Asuhan Mujahidin Muhammadiyah Kapuas Timur sudah terlaksana dengan baik. Dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasehat, metode hukuman, dan reward/penghargaan. Faktor pendukung yaitu faktor fasilitas sarana dan prasarana, faktor guru, serta faktor lingkungan sekolah. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu faktor gadget, faktor keterpaksaan, faktor lingkungan keluarga serta faktor lingkungan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:45
Last Modified: 18 Oct 2023 06:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25040

Actions (login required)

View Item View Item