EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Asuh Anak pada Panti Asuhan se-Kabupaten Kapuas (Telaah Pedagogis dan Sosiologis)

Yusri, Muhammad Zaini (2023) Pola Asuh Anak pada Panti Asuhan se-Kabupaten Kapuas (Telaah Pedagogis dan Sosiologis). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (779kB)

ABSTRAK

Terdapat beberapa jalur pendidikan salah satunya adalah pendidikan informal. Sayangnya masih banyak anak yang kurang beruntung mendapatkan pendidikan dari orang tuanya seperti anak-anak yang berada di Panti Asuhan. Setiap Panti Asuhan mempunnyai pola asuh tersendiri dengan mempertimbangkan lokasi panti dan perkembangan anak. Dalam penelitian ini mencoba mendalami dengan mendiskripsikan model pola asuh, proses yang dilakukan pengasuh, serta penerapan pola asuh yang dilakukan pengasuh kepada anak-anak di Panti Asuhan Kapuas. Untuk metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan menerapkan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai cara penggalian data. Penelitian berlokasi pada Panti Asuhan Mujahidin Muhammadiyah, Panti Asuhan Budi Sejahtera, dan Panti Asuhan Bifahmiddin. Untuk informan terdiri atas pengasuh Panti Asuhan serta anak-anak panti. Hasil penelitian memperlihatkan 1) Terdapat beragam dalam Pola asuh pada setiap Panti Asuhan sesuai dengan kondisi budaya, lingkungan, organisasi yang membawahi panti tersebut, serta kondisi perubahan zaman. 2) Dalam proses pola asuh yang diterapkan pada setiap Panti Asuhan tentu berbeda-beda. Terdapat berbagai cara pengasuh dalam memberikan yang terbaik kepada anak-anak panti mereka, seperti mereka harus memantau setiap anak dengan potensi yang dimilikinya, berusaha menjalin hubungan yang baik antar para pengasuh untuk saling berkerja sama dalam mengasuh anak, dan berhubungan baik dengan masyarakat sekitar guna meminta pertolongan dalam menjaga serta membangun panti agar menjadi lebih baik. 3) Pengasuh dengan bijak memposisikan diri mereka sebagai pengganti orang tua dengan membuat kebiasaan yang baik, menentukan tujuan besar untuk masa depan anak-anak panti, bertutur kata baik dalam mengarahkan anak-anak panti, serta memastikan hal-hal yang baik terus menerus dijalankan sampai waktunya tiba anak-anak panti keluar dari Panti Asuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:41
Last Modified: 20 Oct 2023 06:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25100

Actions (login required)

View Item View Item