EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Balai Pemasyarakatan dalam Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin)

Rahmina, Ainani (2023) Peran Balai Pemasyarakatan dalam Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh pandangan miring terhadap warga binaan pemasyarakatan yang berlaku umum di masyarakat. Hal tersebut seakan tidak bisa dihindari dan harus dihadapi oleh setiap warga binaan pemasyarakatan, yang kemudian berdampak pada tingkat kepercayaan diri yang rendah, perasaan minder dan takut kembali ke masyarakat. Maka dari itu pentingnya Peran Balai Pemasyarakatan dalam melaksanakan bimbingan dengan tujuan agar klien pemasyarakatan bisa berintegrasi secara sehat dan positif ke dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan kendala Balai Pemasyarakatan pelaksanaan bimbingan dalam melaksanakan Peraturan Pemerintah No 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan. Metode yang digunakan ialah metode penelitian empiris dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu, Kepala Balai Pemasyarakatan, Pembimbing Kemasyarakatan dan Klien Pemasyarakatan. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Peraturan Pemerintah No 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan. Kaitannya dengan proses pembimbingan terhadap Klien di Balai Pemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran Balai Pemasyarakatan dalam melaksanakan bimbingan berjalan dengan baik sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 31 Tahun 1999 tetapi belum maksimal. Balai Pemasyarakatan memfokuskan kepada reintegrasi secara sehat dan positif ke dalam masyarakat, memulihkan kepercayaan diri klien. Kendala yang dihadapi Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin dalam proses pembimbingan seperti, kurangnya pegawai pembimbing kemasyarakatan, kurangnya sarana prasarana seperti ruangan yang bersifat tertutup, kendala dari masyarakat sekitar tempat tinggal klien adanya stigma sosial yang negatif terhadap narapidana yang membuat kepercayaan diri narapidana menjadi rendah dan juga kendala dari diri klien itu sendiri yaitu sulitnya ditemui dan tiba-tiba berpindah tempat tinggal tanpa sepengatahuan pembimbing kemasyarakatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:12
Last Modified: 25 Oct 2023 07:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item View Item