EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah Perspektif Fikih Lingkungan (Studi Kasus di Kota Marabahan)

Ash Shiddieqy, Muhammad Hasby (2023) Peran Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah Perspektif Fikih Lingkungan (Studi Kasus di Kota Marabahan). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Manusia sebagai subjek hukum dinisbatkan atau diamanahkan menjalankan segala perintah yang diberikan oleh Tuhan semesta termasuk dalam menjaga lingkungan. Masyarakat Kota Marabahan Barito Kuala masih banyak tidak menjaga lingkungan artinya tidak amanah dalam menjalankan perintah yang diberikan oleh Tuhan semesta. Masih banyak masyarakat Kota Marabahan membuang sampah sembarang seperti di sekitaran jalan raya ataupun ditepian sungai, Sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan sekitar. Padahal Masyarakat mempunyai peran yang penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran masyarakat dalam menjaga lingkungan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah di Kota Marabahan Barito Kuala dan Bagaimana konsep fikih lingkungan terhadap peran masyarakat dalam menjaga lingkungan di Kota Marabahan Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan hukum empiris yang berlokasi di Kota Marabahan. Adapun teknik analisis ini adalah deskriptif kualitatif metode data dengan teknik wawancara, yang menjadi subjek dalam penelitian ini Dinas Lingkungan Hidup, Tokoh Agama, Masyarakat, dan Pedagang, sedangkan objeknya adalah Peran masyarakat dalam menjaga lingkungan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah Perspektif Fikih Lingkungan (Studi Kasus di Kota Marabahan). Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh hasil penelitian bahwa. Pertama, peran masyarakat dalam menjaga lingkungan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah belum maksimal, dikarenakan kurangnya sosialisasi mengenai menjaga lingkungan dari pemerintah untuk masyarakat dan kurangnya penegakkan hukum demi mendorong budaya masyarakat dalam menjaga lingkungan. Kedua, bagaimana tinjauan fikih lingkungan terhadap peran masyarakat dalam menjaga lingkungan di Kota Marabahan Barito Kuala belum optimal, dikarenakan banyak masyarakat belum dapat memahami konsep-konsep fikih lingkungan (maqasid syariah) dalam hal menjaga lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:52
Last Modified: 31 Oct 2023 06:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25208

Actions (login required)

View Item View Item