EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kontribusi Retribusi Pelayanan Pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2017-2021

Bajasosa, Muhammad Eldi (2023) Kontribusi Retribusi Pelayanan Pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2017-2021. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (947kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Berdasarkan penelitian BAPPEDA didapati rasio kontribusi dari retribusi daerah pada tahun 2017 sumbangsihnya hanya sebesar 12,59% yang dalam tunainya Rp. 12.737.916.296 dari Rp. 101.206.318.702. Jikalau dipatok dengan fasilitas yang ada dikarenakan cukup banyak lebih dari 1 (satu) objek pemungutan retribusi maka dapat kita telaah lebih lanjut untuk diteliti dan untuk memberikan arah penelitian agar tidak meluas maka peneliti memfokuskan terhadap retribusi pelayanan pasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana target, pencapaian target, optimalisasi dan paling sentralnya tentang kontribusi dari retribusi pelayanan pasar terhadap pendapatan asli daerah. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), yakni dengan melakukan penelitian langsung data yang terkait dengan topik dan rumusan masalah ke lokasi penelitian yang telah ditetapkan yaitu pasar pemerintah Kota Palangka Raya dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Data sekunder yang didapatkan dianalisis secara rasio lalu dianalisis secara keseluruhan dengan pengolahan data kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama: Target retribusi pelayanan pasar yang ditetapkan dari tahun 2017 – 2021 bersifat fluktuatif. Kedua: Pencapaian target retribusi pelayanan pasar Kota Palangka Raya hasilnya dari tahun ke tahun sejak 2017-2021 juga sifatnya fluktuatif sinkron dengan penetapatan target, mulai dari cukup efektif lalu menurun hingga meningkat kembali kepada kurang efektifnya pencapaian realisasinya. Ketiga: Optimalisasi retribusi pelayanan pasar Kota Palangka Raya dapat dikatakan optimal pada tahun 2017 karena sejalan dalam kategori cukup efektif dan dinyatakan belum optimal pada tahun 2018 ke atas hingga 2021. Oleh karenanya diperlukanlah perhatian yang lebih terhadap setiap sumber pendapatan daerah khususnya retribusi pelayanan pasar. Keempat: Kontribusi retribusi pelayanan pasar Kota Palangka Raya dapat kita simpulkan sesuai dengan indikator yang menyatakan di bawah 10,00 % adalah sangat kurang. Ini mengisyaratkan bahwa retribusi pelayanan pasar tidak berpengaruh besar terhadap pendapatan asli daerah pada realitasnya. Jikalau ini menjadi bagian yang penting maka perlu perhatian, kontrol berkelanjutan dan apresiasi kinerja terhadap unit terkait.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:03
Last Modified: 07 Nov 2023 04:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25303

Actions (login required)

View Item View Item