EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penafsiran Alasan Sangat Mendesak dalam Perkara Dispensasi Kawin Menurut Para Hakim Pengadilan Agama Marabahan

Fikri, Ahmad Rijal (2023) Penafsiran Alasan Sangat Mendesak dalam Perkara Dispensasi Kawin Menurut Para Hakim Pengadilan Agama Marabahan. Skripsi, Syariah.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (259kB)
[img] Text
AWAL - Ahmad Rijal Fikri.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (813kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak oleh Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Pasal 7 ayat (2) yang mana menjelaskan bahwa dalam permohonan dispensasi nikah ini haruslah ada alasan yang sangat mendesak, undang-undang tidak menjelaskan secara spesifik maksud atau makna dari kata sangat mendesak disana. Maka kebijaksanaan dan kekreatifan dari hakim Hakim sangat dibutuhkan dalam menindaklanjutinya permohonan dispensasi kawin ini. Pertimbangan hakim dalam menentukan klausa “alasan sangat mendesak” dalam pasal 7 ayat (2) memiliki peran penting dalam sumbangsih instansi yudikatif untuk dapat berperan serta dalam melindungi hak-hak anak dari dampak negatif dari adanya pernikahan anak. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para hakim menafsirkan alasan sangat mendesak dalam menangani kasus permohonan dispensasi kawin serta apa dasar hakim dalam menafsirkan alasan sangat mendesak dalam menangani perkara permohonan dispensasi kawin Jenis penelitian ini ialah penelitian hukum empiris yang memperoleh data dari sumber data primer, dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Data kemudian diolah dengan cara menyeleksi, mengklasifikasi dan menyusun bahan hukum secara sistematis, dan deskripsi. Kemudian data dianalisis sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan. Hasil penelitian yang dilakukan pada Pengadilan Agama Marabahan, para hakim dalam menafsirkan alasan sangat mendesak yang diajukan sebagai alasan dispensasi kawin menggunakan metode penafsiran gramatikal dan sosiologis sehingga menghasilkan 3 alasan sangat mendesak yaitu hamil diluar nikah, telah melakukan hubungan suami istri dan hubungan terlalu dekat. Dasar hakim menafsirkan alasan-alasan tersebut adalah kaidah-kaidah fikih tentang hal darurat dan dalil hukum maslahah mursalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:24
Last Modified: 06 Dec 2023 03:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25412

Actions (login required)

View Item View Item