EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengajian Kitab Risâlah Mudzâkarah oleh Guru Ilham Humaidi di Masjid Nurul Ibadah Banjarmasin

Halawiyah, Halawiyah (2023) Pengajian Kitab Risâlah Mudzâkarah oleh Guru Ilham Humaidi di Masjid Nurul Ibadah Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pengajian merupakan bentuk pengekspresian keimanan tujuannya untuk meningkatkan hubungan antara Allah dan hamba serta hubungan antar sesama manusia. Pengajian banyak ditemui di masjid-masjid salah satunya di Banjarmasin. Namun, kerab juga tujuan dari pengajian tidak tercapai hingga memperoleh pemahaman yang berbeda. Hal tersebut dapat dilihat pada salah satu pengajian di Banjarmasin yaitu pengajian Kitab Risâlah Mudzâkarah oleh Guru Ilham Humaidi yang membahas pengajian tasawuf. Guru Ilham Humaidi belakangan ini banyak menarik perhatian masyarakat serta memimpin pengajian dibeberapa tempat. Pada kegiatan pengajian Kitab Risâlah Mudzâkarah pemahaman terhadap materi tasawuf tentu menjadi sebuah indikator dalam menentukan tingkat pemahaman tasawuf jama’ah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengajian kitab Risâlah Mudzâkarah di Masjid Nurul Ibadah Banjarmasin dan karakteristik tasawuf pada pengajian Kitab Risâlah Mudzâkarah di Masjid Nurul Ibadah Banjarmasin. Serta untuk mengetahui tingkat pemahaman tasawuf jama’ah terhadap materi ‘ujub dalam Kitab Risâlah Mudzâkarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terhadap pengajian Guru Ilham Humaidi membahas pengajian tasawuf dalam Kitab Risâlah Mudzâkarah yang terbagi menjadi dua kategori yakni targhib (anjuran) dan tarhib (ancaman). Adapun materi pada pasal ‘ujub termasuk dalam kategori tarhib (ancaman) yang dibahas dalam tasawuf akhlaki. Adapun tingkat pemahaman tasawuf jama’ah yaitu: tingkat takhalli, tahalli dan tajalli. Usia remaja memiliki tingkat tasawuf takhalli namun sebagian ada pula yang mencapai tingkat tahalli. Usia dewasa memiliki tingkat tasawuf tahalli dan lanjut usia memiliki tingkat tasawuf tahalli namun terdapat pula pada tingkatan tajalli yakni ditahap mahabbah.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:28
Last Modified: 15 Dec 2023 08:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item View Item