EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Keuangan Desa Tapus Kecamatan Baru di Kabupaten Tanah Bumbu (Perspektif Ekonomi Syariah)

Safitri, Herlia (2023) Manajemen Keuangan Desa Tapus Kecamatan Baru di Kabupaten Tanah Bumbu (Perspektif Ekonomi Syariah). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-BAB III.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-BAB IV.pdf

Download (736kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Skripsi HERLIA SAFITRI Revisi-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang baik berupa uang maupun barang. Pada desa didominasi oleh Dana desa yaitu dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem manajemen keuangan desa terhadap pembangunan di Desa Tapus pada Teluk Kepayang sebagai Kecamatan Baru di Kabupaten Tanah Bumbu, Pengaruh Manajemen Keuangan terhadap Tingkat Keunggulan dan Kesejahteraan Masyarakat Tapus sehingga dapat menjadi Penopang Teluk kepayang Kecamatan Baru di Kabupaten Tanah Bumbu juga manajemen keuangan desa menurut perspektif ekonomi syariah pada desa Tapus Kecamatan Baru di Tanah Bumbu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan heruistik. Narasumber dalam penelitian ini sebanyak 8 Aparat dan 7 Masyarakat Desa Tapus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, pengumpulan dan verifikasi serta kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen keuangan desa Tapus pada Teluk Kepayang sebagai Kecamatan Baru di Kabupaten Tanah Bumbu, sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 113 tahun 2014 tentang Manajemen Keuangan desa. Pembangunan di Desa Tapus bisa dikatakan meningkat karena telah memenuhi indikator pembangunan yang berhasil diantaranya infrastruktur desa yang baik, fasilitas umum yang memadai, kemudahan dalam akses informasi, kualitas sumber daya manusia unggul dan tingkat pendapatan penduduk. Sedangkan dalam perspektif manajemen keuangan syariah, manajemen keuangan desa pemerintah Desa Tapus telah menerapkan prinsip ekonomi Islam. Prinsip-prinsip ekonomi Islam didasarkan atas lima nilai universal yang meliputi tauhid (keimanan), „adl (keadilan), nubuwwah (kenabian), khilafah (pemerintah) dan ma‟ad (hasil). Dari kelima nilai universal tersebut, dibangunlah turunannya yaitu tiga prinsip derivatif yaitu kepemilikan multijenis (multiple ownership), kebebasan bertindak atau berusaha (freedom to act) serta keadilan sosial (social justice). Para aparat juga telah menjalani konsep akhlak dengan meneladani sifat nabi yaitu Siddiq (Jujur), Fathanah (Cerdas), Amanah (Terpercaya) dan Tabliq (Menyampaikan)

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:06
Last Modified: 22 Dec 2023 08:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25479

Actions (login required)

View Item View Item