EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Relasi Sosial Antar Umat Beragama di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan

Inayati, Inayati (2023) Relasi Sosial Antar Umat Beragama di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
AWAL -Inayati.pdf

Download (464kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Indonesia merupakan salah satu negara yang majemuk baik suku, budaya, bahasa, adat, dan agama. Dari kemajemukan tersebut relasi sosial yang baik antara sesama makhluk sosial merupakan hal yang sangat penting, karena masyarakat merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan antar satu dengan yang lainnya. Salah satu bentuk relasi yang terjalin baik dengan latar belakang agama yang berbeda dimasyarakat juga terdapat di kecamatan Halong kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan sosiologis yang berfokus pada relasi dan bentuk interaksi yang terjalin antar umat beragama di kecamatan Halong kabupaten Balangan. Tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dan dijadikan sebuah laporan yang mendeskripsikan sesuai dengan data yang diperoleh dari subjek penelitian. Relasi sosial antar umat beragama di kecamatan Halong terjalin baik karena adanya hubungan kekeluargaan antara masyarakat, serta karena ada budaya dan tradisi yang mereka pegang dalam menjalin hubungan yang baik antar umat beragama. Dalam relasi yang baik tersebut terdapat bentuk-bentuk interaksi dalam sebuah masyarakat yang menjadi faktor pendorong terjalinnya hubungan baik antar umat beragama. Bentuk interaksi tersebut diantaranya: kerjasama yang meliputi acara perkawinan, kunjungan acara duka, penggalangan dana untuk sarana publik, dan kegiatan memperingati hari besar Nasional. Adapun faktor pendorong lainnya dalam hal kebudayaan dan tradisi yang mereka pegang guna menjaga hubungan baik antar umat beragama disana adalah tradisi menugal dan festival budaya mesiwah pare gumboh yang setiap tahunnya dilaksakan dan turut dimeriahkan oleh umat beragama disana. Juga tidak terlepas dari peran Pemerintah yang ikut andil dalam membina hubungan yang baik antar umat beragama di kecamatan Halong, kabupaten Balangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:20
Last Modified: 02 Jan 2024 05:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25536

Actions (login required)

View Item View Item