EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural di MIN 2 Hulu Sungai Tengah

Norfalah, Alfisyahrini (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural di MIN 2 Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (624kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (960kB)

ABSTRAK

Indonesia merupakan negara multikultural. Dampak positif multikultural yaitu mampu mengukuhkan persatuan, sedangkan dampak negatif dari multikultural yaitu mampu menyebabkan perpecahan. Pada MIN 2 Hulu Sungai Tengah adanya terdapat berbagai perbedaan di antara siswa misalnya perbedaann bahasa, perbedaan suku, perbedaan kemampuan akademik, dan lainnya terkadang dapat menimbulkan sebuah perselisihan yang menyebabkan siswa saling mengejek satu sama lain bahkan sampai bertengkar. Melihat hal tersebut, penting dilakukan internalisasi nilai multikultural agar siswa mampu menghargai berbagai perbedaan dan keragaman yang ada di sekitarnya. Fokus penelitian ini adalah proses internalisasi nilai-nilai multikultural di MIN 2 Hulu Sungai Tengah serta faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai multikultural di MIN 2 Hulu Sungai Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai multikultural di MIN 2 Hulu Sungai Tengah serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, berlokasi di MIN 2 Hulu Sungai Tengah menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 4 orang guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu proses internalisasi nilai-nilai multikultural kepada siswa di MIN 2 Hulu Sungai Tengah dilakukan dengan memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai nilai multikultural yang diinternalisasikan, guru memberikan contoh yang menceriminkan nilai multikultural, guru juga memberikan nasehat dan contoh teladan kepada siswa mengenai perilaku yang sesuai dengan nilai multikultural, kemudian guru memberikan pembiasaan kepada siswa untuk mengamalkan nilai multikultural yang telah diajarkan, dan kegiatan madrasah yang mendukung internalisasi nilai multikultural adalah makan bersama, shalat dhuha berjamaah, serta mengadakan perlombaan untuk siswa. Adapun faktor pendukungnya, yaitu peran guru, peran orangtua, teman sebaya, dan siswa. Faktor penghambatnya, yaitu terdapat beberapa siswa yang individualis dan sikap siswa yang kurang patuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:14
Last Modified: 11 Jan 2024 06:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25672

Actions (login required)

View Item View Item