EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Orang Tua dalam Membimbing Akhlak Remaja di Komplek Perumnas Sampit

Saputro, Robi Agung (2023) Peran Orang Tua dalam Membimbing Akhlak Remaja di Komplek Perumnas Sampit. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Robi Agung Saputro.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Abstrak Robi Agung Saputro.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Awal Robi Agung Saputro.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB I Robi Agung Saputro.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II Robi Agung Saputro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III Robi Agung Saputro.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV Robi Agung Saputro.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V Robi Agung Saputro.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Robi Agung Saputro.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Lampiran Robi Agung Saputro.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Peran dan tanggung jawab orangtua mendidik anak remaja dalam keluarga sangat dominan sebab di tangan orang tuanyalah baik dan buruknya akhlak remaja. Pendidikan dan pembinaan akhlak merupakan hal paling penting dan sangat mendesak untuk dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas hidup. Dalam ajaran agama Islam masalah akhlak mendapat perhatian yang sangat besar. Peranan orangtua sebagai pendidik pertama dan utama dalam menanamkan nilai-nilai akhlak karimah terhadap para remaja yang bersumberkan ajaran agama Islam sangat penting dilakukan agar para remaja dapat menghiasi hidupnya dengan akhlak yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui bagaimana Peran orang tua dalam membimbing akhlak remaja di komplek perumnas, Hal-hal yang di perlukan dalam membimbing akhlak remaja, kemudian mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membimbing akhlak remaja di komplek perumnas. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang tua yang memiliki anak remaja. Sedangkan objek penelitiannya adalah peran orang tua dalam membimbing akhlak remaja di komplek perumnas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara , observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu editing, klasifikasi data, interprestasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua di komplek prumnas sangat memperhatikan pendidikan dan akhlak kepada anak-anaknya orang tua juga melakukan banyak dacara dalam membimbing anak supaya usaha yang di lakukan oleh orang tua dalam mendidik anak berhasil, mencari metode yang benar dalam mendidik remaja karena anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu sebagaimana seharusnya dalam mendidik remaja, baik dalam pendidikan formal maupun nonformal harus bisa mengeksplorasi berbagai cara yang bisa dilakukan agar efektif dan efisien. Dalam hal ini beberapa narasumber mendidik remaja dengan menerapkan 3 metode yaitu metode : metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode hukuman.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:36
Last Modified: 12 Jan 2024 06:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item