EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Studi Komparatif Pembinaan Remaja Masjid di Kecamatan Banjarmasin Tengah

Ihsan, Fadhil (2023) Studi Komparatif Pembinaan Remaja Masjid di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
AWAL..pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembinaan remaja masjid dengan baik dan sesuai standar dalam membantu kemakmuran sebuah Masjid. terkhusus pada Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Teluk Dalam, Masjid Al-Jihad, dan Masjid Nahdhatussalam yang berada di Kecamatan Banjarmasin Tengah, yang ternyata memiliki perbedaan dari segi jumlah anggota, usia, latar belakang pendidikan, fasilitas yang didapat, dan bahkan dari segi aktivitasnya. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembinaan remaja masjid pada empat masjid tersebut, dan apa saja persamaan serta perbedaan dari pembinaan remaja masjid tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pembinaan remaja masjid di Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan mengetahui seperti apa persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 37 Masjid di Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan mengambil sampel sebanyak 4 masjid dengan menggunakan teknik sampling Non probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah masing-masing masjid telah melakukan pembinaan remaja masjid dengan baik dan sesuai standar, akan tetapi dari keempat masjid tersebut, ada beberapa yang masih belum terpenuhi secara maksimal, sehingga terdapat juga beberapa faktor yang menjadi penghambat dan juga penunjang dari pembinaan tersebut, baik dari internal dan eskternal. Untuk hasil dari penelitian ini juga tampak bahwa terdapat persamaan dan perbedaan pembinaan remaja masjid antara keempat masjid yang ada, baik dari segi organisasi, SDM, maupun aktivitasnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:46
Last Modified: 12 Jan 2024 06:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

View Item View Item