EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Keimanan Melalui Pengajian Kitab Qathrul Ghaits pada Masyarakat Pelaihari

Nafizah, Hismi (2023) Pendidikan Keimanan Melalui Pengajian Kitab Qathrul Ghaits pada Masyarakat Pelaihari. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (591kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidikan Islam merupakan hal yang sangat penting sehingga banyak ayat Al-Qur’an dan Hadist yang menjelaskan tentang keutamaan menuntut ilmu. Pendidikan Islam dapat dilaksanakan melalui 3 lembaga yakni lembaga pendidikan Islam formal, informal dan nonformal. Lembaga pendidikan Islam nonformal pada masyarakat biasanya dilaksanakan melalui kegiatan pengajian. Didirikannya lembaga pendidikan Islam nonformal berupa pengajian untuk masyarakat adalah merupakan salah satu usaha dari para tokoh agama maupun masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan Islam agar terciptanya masyarakat yang terbina secara Islami. Lebih khusus lagi mengenai keimanan. Pendidikan keimanan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih zaman sekarang sudah banyak ajaran yang bertentangan dengan syariat Islam yang mulai masuk di lingkungan masyarakat. Oleh kerena itu masyarakat perlu memperkuat keimanan mereka agar dapat terhindar dari ajaran tersebut salah satunya dengan menghadiri kegiatan pengajian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan keimanan melalui pengajian kitab Qathrul Ghaits pada masyarakat Pelaihari yang meliputi guru pendidikan keimanan, materi pendidikan keimanan, metode pendidikan keimanan dan jamaah pengajian kitab Qathrul Ghaits. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan jamaah pengajian untuk memperoleh informasi terkait pendidikan keimanan melalui pengajian kitab Qathrul Ghaits pada masyarakat Pelaihari. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan keimanan melalui pengajian kitab Qathrul Ghaits sudah memiliki komponen yang baik yang satu sama lain saling terhubung untuk mencapai tujuan pendidikan keimanan yakni menjadikan jamaah sebagai muslim yang beriman dan bertaqwa yang senantiasa taqorrub kepada Allah SWT, ikhlas beribadah kepada Allah SWT semata dan menjauhi segala perbuatan syirik yang merusak imannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jan 2024 11:34
Last Modified: 12 Jan 2024 11:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25700

Actions (login required)

View Item View Item