EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Islami Orang Tua Terhadap Anak Kecanduan Gadget di Desa Tabunganen Kecil

Izzati, Hasna (2023) Bimbingan Islami Orang Tua Terhadap Anak Kecanduan Gadget di Desa Tabunganen Kecil. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - HASNA IZZATI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
AWAL - HASNA IZZATI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK - HASNA IZZATI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB 1- HASNA IZZATI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 2- HASNA IZZATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB 3 - HASNA IZZATI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB 4 - HASNA IZZATI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB 5 - HASNA IZZATI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA- HASNA IZZATI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN-HASNA IZZATI.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah Pengunaan gadget pada saat ini tidak hanya pada orang dewasa saja melainkan juga pada anak-anak. Banyak sekali dampak dari penggunaan gadget pada anak yaitu dapat menyebabkan kecanduan gadget pada anak, kecanduan gadget pada anak membuat anak lalai dalam beraktivitas yaitu lalai dalam beribadah dan mengerjakan pekerjaan lainnya. Dalam menghadapi anak kecanduan gadget orang tua memberikan bimbingan Islami yang setidaknya dapat mengurangi kecaduan gadget pada anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan gadget pada anak di Desa Tabunganen Kecil dan bimbingan Islami yang diberikan orang tua terhadap anak kecanduan gadget di Desa Tabunganen Kecil serta apa saja kendala orang tua dalam memberikan bimbingan islami kepada anak kecanduan gadget di Desa Tabunganen Kecil. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dimana penulis mewawancarai anak-anak yang kecanduan gadget dan orang tua dari anak. Penulis juga melakukan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulka data tentang bimbingan Islami yang diberikan orang tua terhadap anak kecanduan gadget di desa Tabunganen Kecil Hasil penelitian ini adalah penggunaan gadget pada anak yang hampir 8 jam dalam sehari membuat anak kecanduan gadget sehingga membuat anak ketergantungan memainkan gadgetsambil melakukan aktivitas lain. Bimbingan yang diberikan oleh orang tua yaitu memberikan nasehat dan teguran untuk mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan, memberikan batasan waktu dalam penggunaan gadget serta mengawasa anak dalam penggunaan gadget, adapun bimbingan Islami yang diberikan orang tua yaitu meliputi bimbingan aqidah sperti menanamkan nilai�nilai agama, menanamkan kecintaan terhadap Allah dan Rasul-Nya untuk memberikan pelajaran kepada anak agar anak tidak mengikuti perekembangan zaman yang mengarah kepada hal negatif dalam penggunaan media sosial namun juga mengetahui tentang ajaran agama Islam, memberikan pembiasaan untuk sholat tepat waktu dan mengajarkan mengaji serta menyekolahkan anak ke Taman Pendidikan Al-Qur’an dan Tahfiz Qur’an guna untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak. Bimbingan akhlak cara berprilaku yang baik untuk mengurangi perubahan akhlak anak yang diakibatkan oleh kecanduan gadget, dan bimbingan syariah seperti perempuan dibimbing untuk selalu menutup aurat agar tidak mengikuti trend yang ada dimedia sosial, serta mengjarkan anak tentang apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam penggunaan media sosial yang ada di dalam gadget. Dan yang menjadi kendala para orang tua adalah waktu, kurangnya pengetahuan orang tua tentang bagaimana membimbing anak kecanduan gadget yang mengakibatkan sikap dan tingkah laku anak yang susah diatur serta pergaulan anak yang memberikan pengaruh negatif .

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:16
Last Modified: 15 Jan 2024 03:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25720

Actions (login required)

View Item View Item