EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Dai dalam Mengembangkan Dakwah Islamiyah (Studi pada Budaya Belian Masyarakat Kabupaten Paser)

Khoiriyah, Khoiriyah (2023) Peran Dai dalam Mengembangkan Dakwah Islamiyah (Studi pada Budaya Belian Masyarakat Kabupaten Paser). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (242kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (150kB)

ABSTRAK

Penelitian dilatar belakangi oleh peran Dai dalam berdakwah secara Islamiyah pada budaya belian, sedangkan yang ketahui budaya belian harus dilestarikan namun dilihat bagaimana budaya ini dilaksanakan, tetapi masih melanggar akan dengan syariat agama Islam namun dengan adanya peran seorang pendakwah tentu adanya perubahan terhadap budaya yang dilaksanakan, tidak sedikit sudah mulai meninggalkan budaya belian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dilihat tradisi Budaya Belian di Desa Lempesu dan Desa Kasunge dan juga peran Dai dalam meminimalisir dari Budaya Belian pada masyarakat Paser Desa Lempesu dan Desa Kasunge serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan dakwah pada masyarakat Paser Desa Lempesu dan Desa Kasunge.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dakwah Islamiyah yang dilakukan Dai dalam mengatasi Budaya Belian yang memang ini menjadi salah satu adat istiadat yang ada di daerah ini dan bagaimana pelaksanaannya. Adapun signifikansi dalam penelitian ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa jurusan Bimbingan dan penyuluhan islam dan juga mahasiswa lainya. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian dan informan, pendakwah atau Dai, ketua adat dan aparat Desa baik Desa Lempesu dan Desa Kasunge, dan objek segala hal yang berkaitan dengan kebudayaan Belian, peran seorang Dai yang ada di kabupaten Paser. Hasil dari penelitian ini menemukan peran Dai di Desa Lempesu bahwasanya Dai berhasil dalam menyampaikan dakwahnya serta Dai mengunakan metode-metode yang sesuai dengan kondisi masyarakat di daerah tersebut. Sedangkan untuk Desa kasunge Dai mengalami kendala dalam berdakwah karena mayarakat yang masih kental akan dengan budaya Belian tatapi di daerah ini sudah ada beberapa perubahan yang di lakukan Dai yakni apabila masyarakat melaksanakan budaya Belian dalam jangka waktu cukup lama paling sedikit 3 hari 3 malam dan biasanya tidak boleh ada jeda tetapi sekarang apa bila waktu solat atau azan maka akan di berhentikan dan akan di lanjutkan ketika waktu solat selesai.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:55
Last Modified: 15 Jan 2024 06:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25731

Actions (login required)

View Item View Item