EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Ibadah Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Diniyah di SMAN 1 Danau Sembuluh

Nazela, Nabel Salma (2023) Pembinaan Ibadah Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Diniyah di SMAN 1 Danau Sembuluh. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perkembangan zaman yang sudah sangat maju karena teknologi sudah sangat berkembang, dimana anak sudah dimanjakan oleh teknologi dan hiburanhiburan yang tidak seharusnya dipertontonkan kepada anak. Sehingga demikian bisa menyebabkan anak terjerumus kearah yang tidak baik sehingga berkurangnya kesadaran yang seharusnya dimiliki oleh anak sebagai umat beragama untuk melaksanakan ibadah. Banyak siswa yang masih belum memahami bagaimana konteks ibadah dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dikarenakan waktu belajar yang terbatas sehingga hasil yang diperoleh siswa pun kurang memuaskan sehingga pembinaan ibadah perlu melalui kegiatan ekstrakurikuler diluar jam pelajaran perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan pembinaan ibadah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler diniyah serta untuk mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat pembinaan ibadah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler diniyah di SMAN 1 Danau Sembuluh. Metode penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah 1 orang guru PAI, 3 orang siswa dan 3 orang siswi. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembinaan ibadah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler diniyah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan ibadah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler diniyah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Tujuan pembinaan ibadah siswa ialah menjadikan siswa yang berakhlak dan bertakwa yakni melaksanakan segala perintah agama dan meninggalkan segala larangannya serta untuk memperbaiki dan mengembangkan pengetahuan dan kecakapan yang sudah ada agar menjadi lebih baik lagi. Dalam pelaksanaanya ada beberapa kegiatan diantaranya pengajian fikih pelajar, salat fardhu berjamaah dan tadarus Alquran. Faktor pendukung pembinaan ibadah siswa yaitu faktor geografis dan adanya dukungan pihak sekolah. Adapun faktor penghambat ialah kurangnya komunikasi antara anak dan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Jan 2024 00:20
Last Modified: 16 Jan 2024 00:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25735

Actions (login required)

View Item View Item