EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengajian Tafsir Al-Ibrîz Karya Bisri Musthofa di Pondok Pesantren An-Najiyah Putri Sidosermo Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya (Studi Tentang Metode dan Respons Masyarakat)

Safitri, Alya Rania (2024) Pengajian Tafsir Al-Ibrîz Karya Bisri Musthofa di Pondok Pesantren An-Najiyah Putri Sidosermo Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya (Studi Tentang Metode dan Respons Masyarakat). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (804kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (803kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (940kB)

ABSTRAK

Latar belakang penulisan skripsi ini dari adanya suatu pengajian tafsir subuh dilaksanakan di PP. an-Najiyah. Historis pengajian berdiri sejak dahulu sebelumnya dipimpin oleh ibu nyai Hj. Mas Fatimah Muhajir rahimahallah, tokoh agama yang masyhur dan karismatik. Setelah beliau wafat, pengajian dilanjutkan oleh anak beliau bernama Ustaz H. Mas Achmad Muhammad. Pengajian ini menarik pembahasan khusus bidang tafsir dengan media belajar kitab al-Ibrîz karya Bisri Musthofa, kitab tersebut sebagai kitab utama menyampaikan materi. Ada beberapa kitab pendamping, yaitu kitab al-Ṣhowi, tafsir Ibnu Katsir, dan Tafsir Munir karangan Syech Nawawi al-Bantani. Penulisan ini memfokuskan pada (1) materi pembahasan yang disampaikan kepada masyarakat serta santri yang mengikuti pengajian tafsir al-Ibrîz, (2) metode pengajian tafsir al-Ibrîz karya Bisri Musthofa, (3) respons masyarakat terhadap pengajian tafsir al-Ibrîz karya Bisri Musthofa yang dilaksanakan di PP. an-Najiyah Putri Sidosermo Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Jenis penulisan ini bersifat lapangan (field research). Penulis melakukan observasi secara langsung guna memperoleh data yang diperlukan sesuai dengan permasalahan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, penulisan yang menghasilkan suatu uraian secara mendalam terhadap data yang diteliti. Menerapkan teknik analisis deskriptif dalam menganalisis data yang didapat. Hasil penulisan ini adalah materi pembahasan yang menganut pada non-fixed kurikulum dengan maksud waktu tidak dapat ditentukan kapan materi tersebut akan selesai. Materi yang tidak hanya mengkaji dalam satu bidang, melainkan dari berbagai bidang ada tafsir, hadir, fiqih, dan lainnya. Guru pengajian dalam menyampaikan materi menerapkan metode bandongan, yaitu guru berperan lebih aktif. Masyarakat yang mengikuti mereka mendengarkan dan memberi arti di bawah makna gandul yang tertulis pada kitab. Respons masyarakat serta santri menghasilkan dua faktor, yaitu respons tertarik dan tidak tertarik terhadap pengajian. Respons tersebut masuk dalam bentuk respons berdasarkan indra yang mengamati, berdasarkan sesuatu terjadinya peristiwa, dan berdasarkan lingkungan, yaitu: pertama, respons auditif. Kedua, respons visual. Ketiga, respons ingatan. Keempat, respons kata-kata.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 18 Jan 2024 13:38
Last Modified: 18 Jan 2024 13:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25824

Actions (login required)

View Item View Item