EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Recovery pada Perempuan Dewasa Awal yang Mengalami Grief Karena Kematian Ayah

Azizah HB, Fadia (2024) Recovery pada Perempuan Dewasa Awal yang Mengalami Grief Karena Kematian Ayah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (637kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Grief atau duka cita dapat dirasakan oleh individu yang memasuki usia dewasa awal. Masa ini memiliki banyak tugas perkembangan dan dengan terjadinya peristiwa kematian tersebut, menambah persoalan baru yang harus dihadapi individu dewasa awal. Individu yang mengalami peristiwa kematian ayah akan merasakan kesedihan yang mendalam dan walaupun hal tersebut sudah terjadi sekian tahun, individu tersebut akan tetap merasakan kesedihan apabila teringat tentang ayahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk grief dan memahami tahapan-tahapan grief sampai kepada fase recovery yang dialami oleh perempuan dewasa awal karena kematian ayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi naratif yang menggunakan 3 orang sebagai subjek dengan pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa bentuk�bentuk dari grief berupa perasaan sedih, marah, penyesalan, menangis, tidak nafsu makan, tidak memiliki semangat untuk melakukan aktifitas, mengalami mimpi bertemu almarhum, dan mengalami halusinasi. Tahapan grief yaitu, tahap initial response (denial dan anger), tahap intermediate (bargaining dan depression) dan tahap recovery (acceptance). Setiap subjek memiliki rentang waktu yang berbeda�beda untuk dapat mencapai tahap recovery. Seperti pada subjek pertama kurang lebih 3 bulan setelah kematian mencapai recovery, subjek kedua kurang lebih sebulan, dan subjek ketiga kurang lebih setahun baru dapat mencapai tahap recovery. Hal ini disebabkan oleh penyebab kematian yang mana menjadi salah satu faktor seseorang mengalami grief. Subjek pertama ayahnya meninggal setelah sakit selama dua minggu, subjek kedua ayahnya meninggal setelah sakit kurang lebih 7 bulan, dan pada subjek ketiga ayahnya meninggal secara mendadak (tidak mengalami sakit parah). Recovery dari grief yang dirasakan oleh subjek berupa penerimaan bahwa semua yang terjadi merupakan takdir yang harus dihadapi dan subjek telah mencapai keadaan yang lebih baik dibandingkan saat peristiwa terjadi serta dapat melanjutkan kehidupan dengan baik. Recovery dari grief ini juga ditandai dengan respon kesedihan yang berkurang dibandingkan saat pertama mengalami peristiwa kematian, seperti tidak sedih berlarut-larut dan dapat menjalani aktifitas yang sebelumnya sempat terhenti akibat peristiwa kematian.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:24
Last Modified: 22 Jan 2024 02:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item View Item