EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Literasi Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin Tentang Sepuluh Surah Terakhir Dari Al-Quran (Studi Living Quran)

Rahman, Akhmad Nur Rizali (2024) Literasi Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin Tentang Sepuluh Surah Terakhir Dari Al-Quran (Studi Living Quran). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengalaman berinteraksi dengan Al-Qur’an merupakan anugerah terbesar bagi umat Islam yang meliputi berbagai macam kegiatan, seperti membaca Al�Qur’an, memahami dan mengimplementasikan Al-Qur’an, baik dengan cara tersendiri maupun kelompok. Salah satu kelompok yang banyak menarik perhatian dalam interaksi dengan Al-Qur’an yaitu Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin. Dalam program Khurûj merupakan implikasi keilmuan bersumber dari Al-Qur’an dan Sunah Rasul yang harus diperbanyak, salah satunya adalah Ta’lîm wa Ta’allum. Dalam Ta’lîm membicarakan tentang keutamaan-keutamaan amalan, salah satunya keutamaan Al-Qur’an, kemudian diterapkan dalam pembacaan sepuluh surah terakhir dari Al-Qur’an. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan kajian resepsi Al-Qur’an, yaitu tentang resepsi terhadap literasi sepuluh surah terakhir dari Al-Qur’an oleh Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin yang dilihat dari tiga tipologi teori resepsi Al-Qur’an, yaitu resepsi eksegesis, resepsi fungsional, dan resepsi estetis. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian untuk menyelidiki suatu fenomena resepsi Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin terhadap literasi sepuluh surah terakhir dari Al-Qur’an. Bentuk penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang disajikan dalam bentuk deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dan perilaku terhadap fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah aktivis Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin, sedangkan objek penelitian ini adalah literasi terhadap sepuluh surah terakhir dari Al-Qur’an dan implikasinya terhadap peningkatan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an. Dalam teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokomentasi. Kemudian, dalam proses analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dan analisis terhadap hasil temuan penelitian adalah; Literasi sepuluh surah terakhir dari Al-Qur’an oleh Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin. Pertama, adanya kemampuan membaca yang berbeda-beda, karena berbedanya masa Khuruj para responden. Kedua, memiliki cara memahami yang berbeda, yaitu kontekstual dan tekstual, karena berbedanya cara memahami para responden. Ketiga Implikasinya berupa pembiasaan rutin dan pengajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan membaca dan memahami terhadap Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:25
Last Modified: 23 Jan 2024 03:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25899

Actions (login required)

View Item View Item