EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Literasi Keuangan Mengenai Sistem Pembayaran QRIS (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Antasari Banjarmasin)

Kautsary, Muhammad (2024) Literasi Keuangan Mengenai Sistem Pembayaran QRIS (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Antasari Banjarmasin). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
00. PERNYATAAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
01. AWAL.pdf

Download (762kB)
[img] Text
03. BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
04. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
05. BAB 3.pdf

Download (145kB)
[img] Text
06. BAB 4.pdf

Download (270kB)
[img] Text
07. BAB 5.pdf

Download (139kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
09. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perguruan tinggi sebagai mitra pemerintah hendaknya mendukung penggunaan dan peningkatan literasi terkait QRIS di lingkungan kampus, khususnya pada generasi muda yakni mahasiswa yang sangat cepat mengikuti trend perkembangan teknologi. Tidak terkecuali Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Dalam hal ini, FEBI UIN Antasari Banjarmasin, khususnya Perbankan Syariah, sudah semestinya memiliki mahasiswa dengan literasi keuangan yang memupuni terkait QRIS. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya literasi keuangan mahasiswa perbankan syariah UIN Antasari Banjarmasin mengenai sistem pembayaran QRIS. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitaif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Antasari Banjarmasin yang direncanakan berjumlah 10 orang. Adapun objek penelitian ini adalah segala data yang terkait literasi keuangan mahasiswa perbankan syariah UIN Antasari Banjarmasin mengenai sistem pembayaran QRIS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Antasari memiliki tingkat literasi keuangan yang baik (well literate) mengenai sistem pembayaran QRIS. Hal ini dibuktikan dengan tepenuhinya 3 indikator literasi keuangan yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan yakni pengetahuan, kepercayaan, dan keterampilan. Sebagai tambahan, di samping telah memenuhi indikator literasi keuangan yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan, literasi keuangan Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Antasari Banjarmasin juga telah sesuai dengan teori literasi keuangan yang dikemukakan Chen & Volpe, Huston, serta Messy & Atkinson.

Item Type: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, QRIS, Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Antasari Banjarmasin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:04
Last Modified: 23 Jan 2024 06:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25914

Actions (login required)

View Item View Item