EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Kepala Desa dalam Pembangunan (Studi Kasus di Desa Megasari Kecamatan Pulaulaut Utara Kabupaten Kotabaru)

Sherlintiana, Sherlintiana (2024) Peran Kepala Desa dalam Pembangunan (Studi Kasus di Desa Megasari Kecamatan Pulaulaut Utara Kabupaten Kotabaru). Skripsi, Syariah.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (497kB)
[img] Text
AWAL (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I ..pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III ..pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Peran Kepala Desa dalam membangun sebuah desa sangatlah penting Kepala desa bertanggung jawab untuk mengelola dan memastikan dana desa digunakan secara efektif demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya. Penelitian ini berfokus membahas peran kepala desa dalam pembangunan di Desa Megasari, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru. Desa ini memiliki tantangan pembangunan antara lain, adanya masalah prostitusi, banyaknya kasus KDRT dan kenakalan remaja. Selain itu, masyarakat desa nya terdiri dari beragam pemeluk agama, dari Islam, Kristen, Hindu hingga Katholik sehingga jika tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan ketegangan antar umat beragama. Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi di lapangan dan mewawancarai Kepala Desa Megasari dan tiga orang pembantunya. Peneliti juga mendokumentasikan data-data dari kantor desa. Total waktu penelitian sekitar dua bulan. Semua data yang terkumpul dikelompokkan dan ditampilkan dalam analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Desa Megasari berhasil menangani banyak dari masalah sosial di wilayahnya. Prostitusi telah hilang dari bumi Megasari. Kasus-kasus KDRT di kalangan warga desa ini nyaris tak terdengar lagi. Kenakalan remaja dapat ditekan secara drastis dengan melibatkan aparat keamanan. Masyarakat desa yang multi agama menjadi akrab dibawah kepemimpinan kepala desa yang menganggarkan dana rehap rumah ibadah dan memanfaatkan dana desa untuk pembinaan kesemua agama salah satunya untuk mempromosikan sikap saling menghargai antar umat beragama. Di atas semua itu, pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan (paving block), peningkatan dam milik desa, meningkatkan fasilitas kantor, juga mendapat porsi perhatian yang cukup.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tatanegara ( Siyasah Syariyyah)
Depositing User: mr mahyudin S.IPust
Date Deposited: 12 Feb 2024 00:09
Last Modified: 12 Feb 2024 00:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item View Item