EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Islam Terhadap Remaja Awal dalam Lingkungan Keluarga di Kelurahan Kuin Cerucuk

Mushlihati, Mushlihati (2024) Pendidikan Islam Terhadap Remaja Awal dalam Lingkungan Keluarga di Kelurahan Kuin Cerucuk. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (855kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidikan merupakan eksistensi peradaban dalam membangun generasi yang unggul. Pendidikan pertama dan utama ialah pendidikan keluarga yang menurut Ki Hajar Dewantara merupakan pendidikan paling berpengaruh karena hak mendidik dari segala aspek dan alirannya berasal dari orangtua bukan dari pihak lain. Namun, di era berkembangnya teknologi maka mulai berkembang pula berbagai pelanggaran nilai dan norma yang terjadi pada anak khususnya remaja. Hal ini tentunya menjadi tanda tanya besar mengenai sejauh mana pendidikan Islam yang diberikan orangtua untuk mencegah berbagai pelanggaran tersebut, baik dari sisi akidah; ibadah; akhlak maupun Al-Qur’an. Agar tidak meninggalkan generasi yang lemah sebagaimana yang termaktub dalam Q.S An-Nisa: 9. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data tentang pendidikan Islam terhadap remaja awal dalam lingkungan keluarga di Kelurahan Kuin Cerucuk yang mencakup aspek pendidikan akidah, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak dan pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini bertempat di Kelurahan Kuin Cerucuk-Kota Banjarmasin. Subjek penelitian ialah orangtua dan anak remaja awal dengan kriteria keluarga nuclear family yang memiliki latar belakang pendidikan dan jenis pekerjaan yang berbeda-beda, serta memiliki anak remaja awal kisaran usia 12-15 tahun yang bertempat tinggal di Kelurahan Kuin Cerucuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam terhadap remaja awal dalam lingkungan keluarga di Kelurahan Kuin Cerucuk yang terdiri dari pendidikan akidah, ibadah, akhlak dan Al-Qur’an telah ditanamkan orangtua sejak dini lalu dibentuk dan diberi penguatan saat anak sudah memasuki masa remaja awal dengan melihat berbagai aspek, baik dari psikologi agama maupun psikologi perkembangannya. Aspek pendidikan akidah, ibadah, akhlak dan Al-Qur’an di Kelurahan Kuin Cerucuk terhadap remaja awal menunjukkan bahwa keluarga yang memiliki latar belakang pendidikan S1 hingga menengah atas lebih terorganisir dalam memberikan penguatan, pengawasan, keteladanan, pemberian contoh logis, mengikutsertakan kegiatan keagamaan, konsisten antara ucapan maupun perbuatan dan memfasilitasi dalam pendidikan Al-Qur’an. Sedangkan pada keluarga dengan latar belakang pendidikan pertama hingga dasar belum dapat memberikan hal tersebut secara terorganisir dan konsisten.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:08
Last Modified: 19 Feb 2024 01:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26186

Actions (login required)

View Item View Item