EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Ketentuan Ahli Waris Pengganti dalam Kompilasi Hukum Islam Perspektif Filsafat Hukum Islam

Akbar, Muhammad Alfath (2024) Ketentuan Ahli Waris Pengganti dalam Kompilasi Hukum Islam Perspektif Filsafat Hukum Islam. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (272kB)

ABSTRAK

Ahli waris pengganti dalam pasal 185 Kompilasi Hukum Islam merupakan hal baru yang belum pernah dikenal sebelumnya dalam hukum kewarisan Islam. Kebaruan ini berdampak kepada banyaknya pro dan kontra dalam menyikapi hal tersebut. Ketentuan tersebut memberikan solusi bagi cucu untuk bisa mendapatkan harta warisan dari kakek atau neneknya dengan cara menempati posisi orang tuanya sebagai ahli waris. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana ketentuan mengenai ahli waris pengganti dalam Kompilasi Hukum Islam yang kemudian ketentuan tersebut dianalisis dengan perspektif Filsafat Hukum Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan konseptual dan analisis, jenis data pada penelitian ini adalah jenis data kualitatif, dengan KHI sebagai bahan hukum primer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi dokumenter serta teknik analisisnya menggunakan tehnik analisis deskriptif dengan menggunakan teori-teori yang masuk dalam ranah Filsafat Hukum Islam yaitu maqâshid al-Syarî’ah, ahkâm al-Syarî’ah, ushul fiqih dan qawâid al-Fiqhiyyah. Hasil dari peneltian ini bahwa ketentuan ahli waris pengganti yang diatur dalam pasal 185 Kompilasi Hukum Islam berkesesuaian dengan prinsip Filsafat Hukum Islam, karena dalam ketentuan tersebut terdapat unsur tolong-menolong antar keluarga baik antara yang meninggal dengan yang masih hidup maupun antar sesama keluarga yang masih hidup. Ini sesuai dengan hikmah disyariatkannya kewarisan secara umum sehingga semakin kuatlah ikatan kekeluargaan. Ketentuan ini juga berasaskan keadilan terhadap cucu yang orang tuanya lebih dulu meninggal daripada pewaris (kakek atau neneknya) dan tentulah ketentuan tersebut bernilai maslahat bagi cucu pewaris. Istilah ahli waris pengganti telah menjadi living law di berbagai kalangan masyarakat dalam kurun waktu yang lama sehingga ketentuan tersebut memiliki nilai hukum sesuai dengan kaidah al-‘Âdah muhakkamah, dan terakhir ketentuan tersebut merupakan aturan dalam Kompilasi Hukum Islam yang merupakan perwujudan dari keputusan pemimpin, dan setiap putusan harus berasaskan kepada kemaslahatan yang dipimpinnya sesuai kaidah tasharruf al- `Imâm ‘alâ al-Ra’iyyah manûth bi al-Mashlahah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Hukum Keluarga (Akhwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:47
Last Modified: 26 Feb 2024 05:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item