EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya KUA dalam Meminimalisir Pernikahan di Bawah Tangan (Studi Kasus KUA Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur)

Yasar, Amir Miftahul (2024) Upaya KUA dalam Meminimalisir Pernikahan di Bawah Tangan (Studi Kasus KUA Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (680kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Fenomena pernikahan di bawah tangan bukan lagi hal yang baru, pelaku pernikahan di bawah tangan terdiri dari berbagai lapisan masyarakat dari tingkat umur, pendidikan, dan tingkat ekonomi. Kecamatan Parenggean banyak masyarakat yang melakukan pernikahan di bawah tangan, dalam hal ini KUA yang berada di Kecamatan Parenggean telah melaksanakan beberapa cara untuk mengurangi terjadinya pernikahan di bawah tangan dalam bentuk sosialisai, penyuluhan, dan kerjasama dengan beberapa instansi, namun realitanya masyarakat di Kecamatan Parenggean masih ada yang melakukan pernikahan di bawah tangan. Penelitian ini berfokus pada upaya yang dilakukan KUA Kecamatan Parenggean dalam meminimalisir pernikahan di bawah tangan dan kendala yang terjadi dalam meminimalisir pernikahan di bawah tangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya yang dilakukan dan kendala yang terjadi dalam meminimalisir pernikahan di bawah tangan di kecamatan Parenggean. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam mengkaji dan menganalisis penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan analisis penulis, hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan KUA dalam meminimalisir pernikahan di bawah tangan di kecamatan Parenggean yaitu melakukan koordinasi dengan pimpinan yang ada di Kecamatan Parenggean dan melakukan sosialisasi serta penyampaian materi pernikahan di majelis-majelis yang dijalankan oleh penyuluh agama Islam. Kemudian kendala yang dialami adalah keterbatasan dana dan kekurangan SDM yang ada di KUA Kecamatan Parenggean dan kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya prosedur pencatatan pernikahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:19
Last Modified: 30 Apr 2024 07:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26511

Actions (login required)

View Item View Item