EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pembelajaran Tahfiz Qur’an pada Pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin

Yusmanidar, Sarda (2024) Manajemen Pembelajaran Tahfiz Qur’an pada Pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (919kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Sekarang banyak lembaga pendidikan islam baik formal maupun nonformal yang menyelenggarakan program tahfiz Qur’an. salah satu lembaga pendidikan non-formal adalah pondok pesantren tahfiz Qur’an. terdapat banyak permasalahan yang muncul pada pembelajaran tahfiz Qur’an yang sudah di rencanakan pada tahap pelaksanaan. Keberhasilan tujuan tersebut tergantung pada manajemen pembelajaran tahfiz Qur’an secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran tahfiz Qur’an pada pondok pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pondok pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber daya yang diperoleh dengan wawancara, dokumentasi serta observasi. Adapun menjadikan informasi utama penanggung jawab tahfiz Qur’an, ustadzah kitab Al-Qur’an,dan bendahara umum. Hasil penelitian ini menjadikan bahwa: pondok pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin telah melaksanakan manajemen pembelajaran tahfiz Qur’an selaras dengan visi,misi, dan standar kelulusan pondok pesantren. Pertama, perencanaan perencanaan di pondok pesantren Umar bin Khattab membuat perencanaan dengn berpedoman pada visi, misi, dan standar kelulusan yang sudah di tetapkan. Kedua, pengorganisasian yang dilakukan pondok pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin tentang manajemen pembelajaran tahfiz Qur’an yaitu penanggung jawab tahfiz Qur’an mengorganisasikan dengan membagikan tugas masing-masing. Ketiga, pelaksanaan yang dilakukan oleh pondok pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin tentang pembelajaran tahfiz Qur’an yaitu dengan melaksanakan setoran Ziyadah dan setoran murajaah dengan waktu yang berbeda. Dan yang terakhir, pengawasan pembelajaran tahfiz Qur’an di pondok pesantren Umar bin Khattab Banjarmasin di mulai dari salah satu asatidzah kitab Al-Qur’an mengawasi setiap harinya, tidak hanya di awasi secara langsung akan tetapi juga di awasi menggunakan teknologi yaitu cctv. Pengawasan juga dilakukan oleh orang tua setiap satu bulan sekali yang di laporkan oleh ustadzah kepada orang tua santriwati.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:17
Last Modified: 28 Jun 2024 06:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26932

Actions (login required)

View Item View Item