EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Pemenuhan Nafkah dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala)

Wati, Kurnia (2024) Praktik Pemenuhan Nafkah dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Nafkah dalam rumah tangga merupakan aspek yang penting dalam keberlangsungan rumah tangga. Namun, tidak semua keluarga mampu memenuhi kebutuhan nafkah keluarga sesuai dengan ketentuan menurut hukum Islam dan hukum positif yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan praktik pemenuhan nafkah dalam rumah tangga yang terjadi di Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala dan dampak yang dihasilkan dari praktik tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara kepada informan yang terdiri dari delapan orang informan dari keluarga yang berbeda. Teknik pengolahan data menggunakan editing dan deskriptif. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat variasi kasus dalam metode pemenuhan nafkah dalam rumah tangga pada masyarakat Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala. Hukum Islam dan hukum positif telah menegaskan bahwa sumi adalah pemegang tanggung jawab penuh terhadap kewajiban nafkah, tetapi pada kenyataannya tidak semua rumah tangga menerapkan ketentuan tersebut secara konsisten. Menurut wawancara penulis terhadap delapan orang informan, penulis menemukan adanya variasi metode pemenuhan nafkah yang diterapkan masyarakat Anjir Pasar. Variasi metode yang dimaksud seperti pembagian tugas antara suami dan istri berdasarkan kesukarelaan istri membantu suami, pembagian tugas antara suami dan istri berdasarkan paksaan suami terhadap istri, suami dan istri bergantian setiap bulan untuk memenuhi nafkah, istri sebagai pemenuh nafkah satu-satunya, pemenuhan nafkah keluarga oleh anak, suami istri memenuhi nafkah secara bersama, pemenuhan nafkah menggunakan biaya dari orang tua suami dan pemenuhan nafkah menggunakan biaya dari orang tua masing-masing antara suami dan istri. Metode yang bervariasi ini secara otomatis juga menghasilkan dampak yang bervariasi juga bagi keberlangsungan rumah mereka. Terdapat tiga keluarga yang tetap harmonis dan nafkah terpenuhi, tiga keluarga tidak harmonis dan nafkah tidak terpenuhi, satu keluarga harmonis tetapi nafkah tidak tepenuhi, dan satu keluarga bercerai.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:06
Last Modified: 02 Jul 2024 08:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26984

Actions (login required)

View Item View Item